Aroma Vulkanis, Cita Rasa Khas Kopi Merapi

Editor: Koko Triarko

YOGYAKARTA – Selain memiliki beragam kuliner tradisional, mungkin belum banyak yang tahu jika Yogyakarta ternyata juga memiliki produk minuman kopi dengan cita rasa khas yang tak ditemukan di tempat lain. 

Sebagaimana diketahui, saat ini setidaknya terdapat dua kawasan penghasil kopi di Yogyakarta. Yakni, Kopi Menoreh di kawasan perbukitan Menoreh Kulon Progo, dan Kopi Merapi yang berada di kawasan lereng gunung Merapi, Sleman.

Salah satu keunikan cita rasa kopi memang sangat dipengaruhi oleh tempat atau lokasi pohon kopi itu ditanam. Sehingga cita rasa produk kopi di setiap daerah, hampir selalu tidak akan pernah sama satu sama lainnya.

Keunikan cita rasa kopi Merapi di kawasan lereng gunung Merapi sendiri berasal dari proses penanaman hingga pengolahan yang masih dilakukan tradisional. Proses itu dipertahankan untuk menghasilkan cita rasa kopi yang khas.

Salah seorang pelaku usaha kopi di dusun Petung, Kepuharjo Cangkringan Sleman, Yogyakarta,  Sukasno. –Foto: Jatmika H Kusmargana

Salah seorang pelaku usaha kopi di dusun Petung, Kepuharjo Cangkringan, Sleman, Sukasno, menyebut karakter tanah di lereng gunung Merapi yang kaya akan kandungan zat vulkanik menjadi pembeda cita rasa kopi Merapi dengan kopi lainnya.  Terlebih, sebagian petani kopi di wilayah ini masih memproses kopi secara tradisional.

“Yang membedakan kopi Merapi dengan kopi lainnya ada pada pada cita rasanya. Ada kekhasan tersendiri yang tidak dimiliki kopi lainnya. Seperti ada aroma tanah yang khas. Untuk mengetahui tentu harus mencobanya sendiri,” katanya, kepada Cendana News belum lama ini.

Menurut Sukasno, munculnya kekhasan berupa aroma tanah itu salah satunya dipengaruhi oleh proses penjemuran kopi oleh para petani dengan cara langsung dilakukan di atas tanah. Sehingga kandungan zat vulkanis pada tanah ikut mempengaruhinya.

Untuk bisa menikmati kopi Merapi, setiap pengunjung bisa langsung datang ke kawasan wisata Lereng Gunung Merapi di Cangkringan, Sleman. Di tempat ini banyak terdapat kedai-kedai kopi milik warga maupun petani.

Selain bisa menikmati cita rasa khas kopi Merapi, pengunjung juga bisa menikmati suasana sekaligus pemandangan gunung Merapi yang mempesona.

Lihat juga...