Arsenal Rusak Perayaan Laga ke-100 Solskjaer Bersama MU

Penyerang Arsenal, Pierre-Emerick Aubameyang, mengeksekusi tendangan penalti untuk menyokong kemenangan atas Manchester United dalam lanjutan Liga Inggris di Stadion Old Trafford, Manchester, Inggris, Minggu (1/11/2020) waktu setempat – Foto Ant

JAKARTA – Arsenal, merusak perayaan laga ke-100 Ole Gunnar Solskjaer menangani Manchester United (MU), dengan memetik kemenangan 1-0. Kemenangan dalam pertandingan Liga Inggris yang digelar di Stadion Old Trafford, Minggu (1/11/2020) waktu setempat atau Senin (2/11/2020) WIB.

Pierre-Emerick Aubameyang, mencetak gol semata wayang kemenangan Arsenal, lewat eksekusi tendangan penalti pada menit ke-69. Pinalti diperoleh, setelah Paul Pogba divonis menjegal Hector Hellerin dari belakang.

Mason Greenwood, berpeluang membuka keunggulan MU pada menit ke-21. Tetapi tembakannya ke area tiang dekat, masih bisa diselamatkan oleh kiper Bernd Leno dengan halauan kakinya. Arsenal juga berkesempatan unggul lebih awal pada menit ke-39, tetapi tembakan Willian yang sudah tak mampu dijangkau kiper David de Gea, masih membentur mistar gawang.

Sejak memiliki keunggulan, Arsenal bermain lebih pragmatis dan menebalkan lini pertahanan mereka. Bahkan mereka menarik keluar Willian dan Aubameyang, untuk digantikan Ainsley Maitland-Niles dan bek Shkodran Mustafi.

Solskjaer berusaha mengeluarkan senjata terakhirnya, dengan menurunkan Donny van de Beek dan Edinson Cavani, masing-masing menggantikan Bruno Fernandes serta Greenwood. Van de Beek hampir memberi kontribusi langsung, ketika umpan silangnya masih bisa dihalau Mohamed Elneny, dan hampir berujung gol bunuh diri Arsenal pada menit ke-85.

Beruntung bola sempat mengenai kepala Leno, sebelum membentur tiang gawang. Skor 1-0 tak berubah hingga bubaran, membuat Mikel Arteta, menjadi manajer Arsenal pertama, yang berhasil meraih kemenangan dalam dua pertemuan perdana dengan MU.

Hasil yang menyamai torehan manajer legendaris The Gunners, Herbert Chapman pada musim 1925/1926. Arteta juga menyudahi tren buruk Arsenal, yang sebelumnya tak pernah menang dalam 13 laga tandang sebelumnya di Old Trafford. Hasil yang juga memperburuk rekor negatif MU, yang belum pernah menang di kandang sendiri di Liga Inggris musim ini.

Tambahan tiga poin membuat Arsenal naik ke posisi kedelapan klasemen sementara dengan koleksi 12 poin. Sedangkan MU yang baru mengoleksi tujuh poin, posisinya tertahan di urutan ke-15. Selanjutnya kedua tim akan lebih dulu tampil dalam kompetisi Eropa, sebelum melakoni laga pekan kedelapan Liga Inggris pada Sabtu (7/11/2020) pekan ini, ketika MU bertandang ke markas Everton dan Arsenal menjamu Aston Villa di Emirates. (Ant)

Lihat juga...