Austria Atasi Irlandia Utara, Semakin Dekat dengan Promosi

JAKARTA — Austria semakin dekat dengan promosi dari Divisi B setelah memukul Irlandia Utara dengan skor 2-1, pada pertandingan putaran kelima Divisi B Grup 1 (B1) UEFA Nations League di Stadion Ernst-Happel, Wina, Minggu setempat atau Senin dini hari WIB.

Austria kini memuncaki klasemen B1 dengan koleksi 12 poin, sedangkan Irlandia belum beranjak dari posisi dasar klasemen dengan satu poin, demikian catatan laman resmi UEFA.

Irlandia Utara yang di atas kertas kalah kualitas dari tuan rumah mencoba mencuri peluang terlebih dahulu, melalui sepakan Liam Boyce yang melebar. Austria balas mengancam melalui sepakan Xaver Schlager, yang melambung di atas mistar gawang.

Sepanjang babak pertama, pertarungan lebih banyak terjadi di lini tengah. Austria terlihat kesulitan menembus barisan pertahanan blok rendah Irlandia Utara yang tampil disiplin.

Situasi serupa terulang pada babak kedua. Marcel Sabitzer mendapat peluang untuk Austria melalui sepakan sudut, namun sepakannya gagal menemui sasaran.

Gawang Irlandia Utara akhirnya kebobolan saat Schlager menyambar bola pantul, namun gol itu tidak disahkan karena Reinhold Ranftl telah lebih dahulu berada dalam posisi offside.

Justru gawang Austria yang kemasukan pada menit ke-75. Diawali penguasaan bola Gavin Whyte di lini tengah, bola kemudian dikirimkan kepada Patrick McNair yang meneruskannya kepada Josh Magennis untuk dikoversi menjadi gol.

Namun tuan rumah mampu menyamakan kedudukan pada menit ke-81. Adrian Grbic mengirimkan umpan silang dari sisi kanan, dan pemain pengganti lainnya Louis Schaub menyambar bola menaklukkan kiper Michael McGovern.

Gol penentu kemenangan Austria baru tercipta pada menit ke-87. Arnautovic merebut bola dari Flanagan, dan mengirimkan operan sempurna untuk dikonversi menjadi gol oleh Grbic.

Austria akan menghadapi Norwegia pada pertandingan putaran keenam yang berlangsung pada Rabu (19/11). Sedangkan Irlandia Utara akan berjuang memelihara peluang bertahan di Divisi B saat menjamu Romania pada hari yang sama.

Pertandingan grup yang sama antara Romania melawan Norwegia yang semestinya dimainkan di National Arena Bucharest dibatalkan, karena timnas Norwegia dilarang bepergian akibat terdapat hasil positif pada tes COVID-19 yang dilakukan terhadap skuat timnas. (Ant)

Lihat juga...