Babel Siapkan Anggaran Rp4,9 Miliar Tangani Bencana Alam

PANGKALPINANG – Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung mempersiapkan dana tak terduga sebesar Rp4,9 miliar, untuk penanganan bencana alam dampak perubahan musim hujan yang cukup ekstrem di daerah itu.

“Hingga akhir tahun ini, anggaran masih tersedia Rp4,9 miliar dan dapat digunakan jika dibutuhkan untuk penanganan bencana alam,” kata Gubernur Kepulauan Babel, Erzaldi Rosman Djohan, di Pangkalpinang, Sabtu (7/11/2020).

Ia mengatakan, anggaran penanganan bencana alam sebagai langkah pemerintah provinsi menghadapi perubahan musim kemarau ke hujan pada November, Desember, Januari, dan Februari 2021 yang berpotensi terjadi banjir, longsor, angin puting beliung dan lainnya.

“Anggaran ini dapat digunakan jika dibutuhkan terkait bencana alam, sesuai aturan-aturan penggunaannya,” ujarnya.

Menurut dia, dana tidak terduga penanganan bencana alam ini tidak dicampuradukkan dengan alokasi dampak pandemi Covid-19. Dalam penggunaannya, tentu akan memprioritaskan membantu korban bencana alam ini.

“Kita harus siap bencana alam ini, jangan sampai ketidaksiapan anggaran dan personel mengakibatkan penanganan bencana alam menjadi lambat,” katanya.

Karena itu, aparat pemerintahan yang tergabung dalam pasukan kesiapsiagaan bencana untuk selalu bersinergi menghadapi potensi bencana alam selama perubahan cuaca yang cukup ekstrem ini.

“Kami berharap, personel TNI, Polri, BPBD, BMKG dan instansi terkait lain yang tergabung dalam pasukan kesiapsiagaan bencana, untuk saling bersinergi dan selalu siap membantu masyarakat korban bencana alam ini,” katanya.  (Ant)

Lihat juga...