Bakso Aci Khas Garut Pedasnya Gokil

Editor: Makmun Hidayat

BEKASI — Kuliner Jawa Barat, dari berbagai wilayah memberi pilihan tersendiri yang harus dicoba. Salah satunya adalah bakso aci yang kenyal tak hanya mampu mengenyangkan perut, tetapi juga bisa menghangatkan badan.

Kuliner ini cocok saat musim hujan seperti sekarang, kuahnya yang khas dengan bumbu cabai bubuk dan jeruk purut, dengan kuah bening membuat segar. Bakso Aci bisa juga disebut kuliner kekinian karena sangat digemari kalangan milenial.

“Ini bakso aci gokil khas Garut. Bakso ini pun beda dibanding bakso biasanya karena campurannya tidak menggunakan mie putih atau kuning,” ucap Ibu Tuti Alawiyah, penjual Bakso Aci di Kranggan tepat di depan Makam Keramat Sela Miring,  kepada Cendana News, Sabtu (21/11/2020).

Ibu Tuti Alawiyah, penjual bakso aci, mengaku digemari semua kalangan, Sabtu (21/11/2020). -Foto: M. Amin

Menurutnya bakso aci tak jauh berbeda dengan cilok. Keduanya sama-sama dibuat menggunakan tepung kanji yang dibulat-bulat dan berisi tetelan. Tapi cilok biasanya dimakan dengan ditusuk dan dilumuri bumbu kacang, bakso aci dimakan dengan kuah dan varian topping.

Bakso aci,  berbeda dengan bakso lain. Kuahnya jernih dan aman dikonsumsi karena bebas  lemak.  Tuti, mengakui banyak digemari karena pedasnya menyegarkan dengan cabai bubuk dicampur jeruk purut.

“Biasanya anak milenial, banyak suka. Makanya saya sering sebut bakso kekinian, bebas lemak menyegarkan. Pedasnya bikin gokil, dengan cabai rasa daun jeruk, ” ucapnya.

Bakso aci jelasnya memiliki campuran seperti cuanki, pilus, kerikil batagor kecil, cuanki lidah tahu. Varian menunya membuat beda dengan bakso umumnya. Bakso aci lebih kekinian tapi digemari semua usia.

Bakso aci gokil, jelasnya memiliki lima varian seperti aci ceker, tulangan kikil, daging komplit tulangan kikil daging komplit. Untuk harga mulai dari Rp10 -18 ribu.

Ibu Tuti, mengaku baru tiga bulan membuka tempat di depan Keramat Sela Miring, Kranggan. Sebelumnya berjualan di wilayah Cipayung, Jakarta Timur.

“Meski baru, bakso aci di sini cukup digemari, bahkan ada yang pesan khusus bakso aci saja, biasanya mereka yang ada penyakit khusus seperti kolestrol atau lemak,” tukasnya.

Cici, pelanggaran bakso aci gokil, mengaku biasa membeli pada makan siang. Karena imbuhnya enak juga dimakan campuran nasi karena kuahnya pedas.

“Kuahnya tidak seperti bakso umumnya, lebih bening tidak perlu dicampur kecap atau saos rasanya sudah nendang dan gokil. Bapak saya suka pesan baksonya saja, karena aman dikonsumsi tanpa lemak,” ujar Cici lebih memilih bakso aci campur tulangan.

Lihat juga...