Bawaslu Bangka Tengah Tertibkan 398 APK Langgar Aturan

KOBA – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Bangka Tengah, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, menertibkan sejumlah alat peraga kampanye (APK) yang terpasang di beberapa titik, karena dinilai melanggar aturan.

“Tercatat 398 APK ditertibkan, yang tersebar di enam atau seluruh kecamatan,” kata Koordinator Divisi Hukum, Penanganan Pelanggaran dan Penyelesaian Sengkata Bawaslu Kabupaten Bangka Tengah, Wahyu Tri Buwono, di Koba, Kamis (26/11/2020).

Ia menjelaskan, penertiban dilakukan bersama anggota Satpol PP dan aparat kepolisian, setelah dilakukan inventarisasi APK di beberapa titik yang dinilai melanggar.

“Sebelum dilakukan penertiban, kami juga sudah menyampaikan kepada tim kampanye pasangan calon untuk mencopot sendiri, namun sampai batas waktu yang sudah ditentukan ternyata belum diturunkan, maka kami lakukan penertiban,” ujarnya.

Menurut dia, upaya persuasif sudah dilakukan sebelum dilakukan penertiban, dan sebagian sudah diturunkan oleh tim kampanye masing-masing.

“Jumlah pemasangan APK yang melanggar sebenarnya lebih banyak berdasarkan hasil inventarisasi, namun sebagian sudah diturunkan,” ujarnya.

Pilkada Kabupaten Bangka Tengah diikuti dua pasangan calon, yaitu Algafry Rahman-Herry Erfian dan pasangan Didit Srigusjaya-Korari Suwondo.

Pasangan Algafry Rahman-Herry Erfian diusung tujuh partai politik yaitu Golkar, NasDem, Gerindra, PPP, PAN, PKS, dan PKB.

Sementara pasangan Didit Srigusjaya-Korari Suwondo diusung dua partai politik, yaitu PDIP dan Partai Demokrat. (Ant)

Lihat juga...