Baznas Sukses Kembangkan Obwis Puncak Bukit Tempurung

Editor: Makmun Hidayat

JAKARTA — Dalam upaya meningkatkan kesejahteraan masyarakat pedesaan, Badan Amil Zakat Nasional (Baznas)  telah sukses membina ratusan desa di seluruh Indonesia. Salah satunya, Desa Lubuk Bangkar, Kecamatan Batang Asai, Kabupaten Sarolangun, Jambi. 

Berkat binaan Baznas, Desa Lubuk Bangkar ini sukses mengembangkan objek wisata Puncak Tempurung Garden atau Bukit Tempurung.

Direktur Pendistribusian dan Pendayagunaan Baznas, Irfan Syauqi Beik mengatakan, basis pemberdayaan Baznas di Desa Lubuk Bangkar adalah bidang pertanian, peternakan, dan perkebunan karet hingga kopi. Namun seiring berjalannya program yang dikembangkan, tercetuslah ide Baznas untuk mengembangkan potensi alam di daerah tersebut.

Apalagi menurutnya, keindahan alam Desa Lubuk Bangkar yang sangat memikat dengan landscape jajaran bukit kebun kopi berpadu dengan hembusan udara yang sejuk.

“Pesona desa ini menjadi potensi alam terpendam yang harus dimanfaatkan secara maksimal oleh warga Lubuk Bangkar sebagai komoditas yang bernilai ekonomi tinggi,” ujar Irfan, pada konferensi pres secara virtual di Jakarta, Minggu (29/11/2020).

Direktur Pendistribusian dan Pendayagunaan Baznas, Irfan Syauqi Beik, pada konpres Baznas secara virtual di Jakarta, Minggu (29/11/2020). -Foto: Sri Sugiarti

Kemudian kata dia, dengan memanfaatkan dana zakat, infak dan sedekah yang ditunaikan masyarakat, Baznas mendukung program pengembangan objek wisata desa Lubuk Bangkar.

“Dukungan ini dilakukan untuk peningkatan kesejahteraan warga di sana, dengan pemanfaatan dana zakat,” imbuhnya.

Dukungan itu terwujud, dengan Baznas meniasiasi melalui lembaga program Zakat Community Development (ZCD) mengembangkan objek wisata Puncak Tempurung Garden.

“Program ini bertujuan mendorong warga Lubuk Bangkar dan pemerintah desa setempat untuk bangkit memajukan daerahnya melalui berbagai program pemberdayaan desa, salah satunya dengan pengembangan kawasan wisata,” ungkap Irfan Syauqi Beik, yang merupakan pakar ekonomi syariah, ini.

Dengan kerja sama Baznas warga Lubuk Bangkar melalui pengelolaan, penataan kawasan wisata yang baik. Maka, objek wisata Puncak Tempurung Garden menjelma menjadi tempat wisata favorit warga Kabupaten Sarolangun.  Terbukti juga banyak wisatawan dari daerah lain yang berkunjung ke objek wisata tersebut.

Berkat pesona alam yang indah, objek wisata Puncak Tempurung Garden  terpilih masuk dalam 10 nominasi dataran tinggi terpopuler di ajang Anugerah Pesona Indonesia (API) 2020.

Berdasarkan informasi dari Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga Kabupaten Sarolangun, pada 30 Oktober 2020 lalu, Wisata Puncak Tempurung Garden masih berada diposisi ke-4 dari 10 nominasi dataran tinggi terpopuler di ajang API Awards 2020.

“Ini penghargaan bagi warga Lubuk Bangkar, semoga Puncak Tempurung Garden terpilih menjadi  dataran tinggi terpopuler pada API Awards 2020,” ucap Irfan.

Kepala Lembaga ZCD Baznas, Tatiek Kancaniati menambahkan, bahwa sebelumnya desa Lubuk Bangkar, Kecamatan Batang Asai, Kabupaten Sarolangun, Jambi hanyalah sebuah desa kecil yang belum mendapatkan aliran listrik.

“Bahkan desa ini masuk kategori desa tertinggal. Pada tahun 2018, Baznas hadir melakukan pemberdayaan desa dengan berbagai program. Salah satunya, pengembangan objek wisata Tempurung Garden,” ujar Tatiek.

Menurutnya, dengan Baznas membranding menjadi objek wisata Bukit Tempurung, kini wisatawan yang berkunjung ke desa Lubuk Bangkar meningkat terus. “Bukit Tempurungnya sudah didesain ada area selfie tapi masih natural hutan,” ujar Tatiek.

Bahkan sebutnya lagi, masyarakat yang tadinya tidak terlibat dalam program ini menjadi ikut terlibat dalam pengembangannya.

Seperti terdapat warung atau kantin milik masyarakat disana di Bukit Tempurung itu. Ada toko souvenir dan anak mudanya juga terlibat menjadi tim gaide wisata. Begitu juga dengan ibu-ibu terlibat budidaya sayuran dan kerajinan tangan.

“Jadi justru wisata Puncak Tempurung Garden ini mendapatkan tim kreatif yang dapat mendongkrak pendapatan mereka hingga akhirnya kehidupan mereka lebih sejahtera,” pungkasnya.

Lihat juga...