Bekuk Belarusia, Albania Rebut Tiket Promosi Nations League

Penyerang tim nasional Albania, Rey Manaj (kiri), melakukan selebrasi bersama Sokol Cikalleshi, seusai mencetak gol ketiga timnya ke gawang Belarusia dalam lanjutan UEFA Nations League Divisi C Grup 4 (C4) di Stadion Air Albania, Tirana, Albania, Rabu (18/11/2020) – foto Ant

JAKARTA – Tim nasional Albania, berhasil merebut tiket promosi ke Divisi B UEFA Nations League, usai membekuk Belarusia 3-2, dalam laga pemungkas Divisi C Grup 4 (C4) yang digelar di Stadion Air Albania, Tirana, Rabu (18/11/2020) waktu setempat.

Kemenangan itu membuat Albania mengambil alih posisi puncak klasemen akhir Grup C4 dengan koleksi 11 poin. Albania berhasil menyalip Belarusia (10), yang finis di posisi kedua. Sokol Cikalleshi, membawa Albania memimpin pada menit ke-19, dengan gol sundulannya menyambut umpan silang kiriman Hysen Memolla. Delapan menit kemudian, Cikalleshi menggandakan keunggulan tuan rumah lewat eksekusi penalti, setelah Egor Khatkevich dilanggar oleh Rey Manaj di dalam area terlarang.

Maksim Skavysh, sempat memperkecil ketertinggalan Belarusia pada menit ke-35. Tetapi semenit jelang turun minum Manaj merestorasi keunggulan dua gol Albania. Belarusia kembali membalas pada menit ke-80 melalui Max Ebong, tetapi Albania sukses meredam momentum kebangkitan tim tamu, untuk memastikan kemenangan 3-2 di pengujung laga.

Di pertandingan lain Grup C4, di Stadion Almaty Ortalyk, Lithuania sukses meloloskan diri dari ancaman degradasi, seusai menang dramatis 2-1 atas tuan rumah Kazakhstan.  Abat Aymbetov, sempat membawa Kazakhstan memimpin pada menit ke-38, tetapi dua menit kemudian Modestas Vorobjovas membuat kedudukan kembali imbang 1-1.

Kazakhstan mendapat kerugian, ketika Islambek Kuat diganjar kartu kuning kedua pada menit ke-50, sehingga mereka harus menuntaskan laga dengan 10 pemain. Pada menit keempat injury time, Arvydas Novikovas melepaskan tembakan jarak jauh, yang memastikan kemenangan Lithuania 2-1 atas Kazakhstan.

Hasil itu membuat Lithuania bertahan di peringkat ketiga klasemen dengan koleksi delapan poin, mengirimkan Kazakhstan (4) mengikuti fase playoff degradasi dengan tim-tim juru kunci Divisi C lainnya. (Ant)

Lihat juga...