Benteng Vastenburg Disiapkan Untuk Karantina Pemudik

SOLO – Pemerintah Kota Surakarta menjadikan Benteng Vastenburg sebagai tempat karantina masyarakat yang nekat mudik saat libur akhir tahun nanti.

“Benteng Vastenburg ini sebagai alternatif. Saya pinjam dari tanggal 10 Desember sampai 10 Januari 2021,” kata Wali Kota Surakarta, F.X. Hadi Rudyatmo di Solo, Senin (30/11/2020).

Ia mengatakan, para pemudik akan menjalani karantina di benteng tersebut dengan menggunakan tenda.

Menurut dia, dipilihnya Benteng Vastenburg karena pemkot sudah tidak memiliki gedung berukuran besar yang kosong untuk digunakan sebagai tempat karantina.

“Mulai tanggal 10-15 Desember, akan kami siapkan lantainya. Pasang tendanya juga, tempat tidur dan listrik. Yang jelas ini sebagai antisipasi libur panjang,” katanya.

Ia mengatakan, karantina kepada pemudik akan dilakukan selama 14 hari. Pihaknya berharap, keberadaan lokasi karantina bagi pemudik libur Natal dan Tahun Baru 2021 tersebut bisa mengubah niat warga untuk mudik.

“Kami tidak ingin kasus Covid-19 di Solo terus melonjak sehingga perlu sikap tegas,” katanya.

Sebelumnya, ia mengimbau warga untuk tidak melakukan mudik terlebih dahulu, sedangkan warga di Kota Solo untuk tidak melakukan perjalanan ke luar kota.

“Kami juga tidak ingin terjadi paparan Covid-19 di luar Kota Solo, jadi sama-sama adil. Orang Solo tidak keluar kota, yang luar kota jangan mudik ke Solo. Kami minta Natal dan Tahun Baru dirayakan di kota masing-masing saja, tidak usah ke Solo dulu, di sini (Solo, red.) angkanya juga lagi tinggi,” katanya. (Ant)

Lihat juga...