Budidaya Sapi Perah, Maryani Kantongi Ratusan Ribu per Hari

Redaktur: Muhsin Efri Yanto

Menurut Maryani, usaha ternak sapi perah cukup menguntungkan. Karena selain bisa mendapatkan hasil berupa anakan yang dipanen setiap setahun sekali, ia juga bisa mendapatkan hasil dari menjual susu sapi yang bisa dipanen setiap hari. Sehingga keuntungan yang didapat pun menjadi ganda.

“Satu ekor sapi perah produktif bisa menghasilkan 20-25 liter setiap hari. Satu liter susu sapi sendiri laku dijual 5-6 ribu rupiah. Sehingga jika memiliki 3 ekor sapi produktif kita bisa mendapatkan pemasukan kotor hingga mencapai 300-450 ribu rupiah per hari,” ungkapnya.

Tingginya produksi susu sapi yang dihasilkan para peternak tak bisa dilepaskan dari asupan makanan sapi yang kaya akan hijauan setiap hari, baik itu rumput odot atau kolonjono, yang memang bagus untuk produksi susu sapi. Selain itu para peternak juga rutin memberikan pakan tambahan berupa polar atau konsentrat.

“Untuk anakan sapi bisa dipanen setiap setahun sekali. Anakan sapi berusia sekitar 4-6 bulan laku dijual sekitar Rp5 juta,” katanya.

Lihat juga...