Bukit Katung, Tujuan Wisata Baru di OKU

Warga tampak antusias berkunjung ke obyek wisata Bukit Katung di Kabupaten OKU, Sumsel – Foto Ant

BATURAJA – Bukit Katung, yang terletak di Desa Pusar, Kecamatan Baturaja Barat, Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU), Sumatera Selatan, kini menjadi tujuan objek wisata baru. Saat ini Bukit Katung mulai ramai dikunjungi masyarakat.

“Semenjak pandemi COVID-19 melanda, warga berinisiatif mengenalkan kawasan wisata baru ini kepada masyarakat luas,” kata Ketua Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) OKU, Garsubi, di Baturaja, Minggu (8/11/2020).

Selain menawarkan wisata alam perbukitan, kawasan yang tidak jauh dari pusat Kota Baturaja tersebut, juga menawarkan cerita legenda warga setempat. “Di puncak Bukit Katung, terdapat kawasan yang disebut warga sekitar dengan kubangan naga. Kami juga berinisiatif membuat tempat pendakian,” tandasnya.

Ide dibuatnya jalur pendakian untuk mencapai puncak, dimotori oleh Pokdarwis warga Desa Pusar, yang telah dengan swadaya, membuka jalur pendakian menuju Bukit Katung. Warga mengaku, setelah dibuka dan diberi akses jalan masuk, banyak warga OKU yang mengunjungi destinasi wisata baru ini. Garsubi, bersama pemuda Desa Pusar, secara swadaya melengkapi beberapa fasilitas. Mulai dari membuat jalur menuju puncak, hingga pembuatan beberapa tempat berfoto.

Bukit Katung, merupakan objek wisata terdapat kubangan naga yang menurut legenda merupakan tempat naga mandi dan bermain. “Di sana ada salah satu tempat yang bersih tidak ditumbi rumput sedikitpun. Dulu ceritanya jika kayu dipukul di tanah dan kayunya dibawa pulang akan memanjang sendirinya,” ujar Garsubi, seraya menambahkan untuk ke lokasi Bukit Katung hanya berjarak 15 menit dari Kota Baturaja. (Ant)

Lihat juga...