Cilacap Perketat Aktivitas Masyarakat Cegah Covid-19

Sekretaris Daerah Cilacap Farid Ma'ruf. -Ant

CILACAP – Pemerintah Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah, bakal memperketat aktivitas masyarakat sebagai upaya untuk mencegah penyebaran Covid-19, karena wilayah itu saat sekarang masuk zona merah.

“Kemarin kami sudah mengadakan rapat dengan Binwil (Bina Wilayah) di bawah koordinasi OPD (Organisasi Perangkat Daerah), supaya diadakan kembali gerakan 3M, yaitu memakai masker, mencuci tangan menggunakan sabun, dan menjaga jarak, termasuk razia dan sebagainya,” kata Sekretaris Daerah Cilacap, Farid Ma’ruf saat dihubungi di Cilacap, Minggu (15/11/2020).

Selain itu, kata dia, Pemkab Cilacap pada Senin (16/11) akan menggelar rapat bersama Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkompimda) dan seluruh camat, guna membahas rencana untuk memperketat aktivitas masyarakat guna mencegah penyebaran Covid-19.

Menurut dia, rapat tersebut juga akan membahas rencana pemberlakuan jam malam yang direncanakan mulai pukul 20.00 WIB hingga 06.00 WIB, termasuk pemantauan di wilayah perbatasan terhadap pendatang dari luar daerah.

“Saat sekarang kondisinya sudah seperti biasa, tetapi malah ‘meledak’,” katanya.

Ia mengatakan, Pemkab Cilacap juga akan berkoordinasi dengan Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) setempat terkait dengan penyediaan tempat isolasi bagi orang tanpa gejala (OTG) di hotel-hotel. Pelaksanaan isolasi bagi OTG di hotel tersebut akan dibiayai oleh Pemkab Cilacap.

Berdasarkan data yang disajikan melalui laman corona.cilacapkab.go.id per tanggal 15 November 2020, pukul 17.26 WIB, jumlah warga Kabupaten Cilacap yang terkonfirmasi positif Covid-19 sejak terjadinya pandemi hingga sekarang tercatat mencapai 1.572 orang.

Dari jumlah tersebut, diketahui 1.061 orang dinyatakan sembuh, 42 orang meninggal dunia, dan 469 orang dalam perawatan.

Sementara jumlah suspek sejak terjadinya pandemi hingga sekarang mencapai 496 orang, terdiri atas 423 orang dinyatakan sembuh, 19 orang masih dirawat, dan 54 orang meninggal dunia. (Ant)

Lihat juga...