Curug Parigi di Bekasi Sudah Bisa Dikunjungi Kembali

Editor: Makmun Hidayat

BEKASI — Setelah luluh lantak dihantam banjir kiriman dari Bogor, lokasi wisata alam di Curug Parigi, di Kampung Parigi, Cikiwul, Bantargebang, Kota Bekasi, Jawa Barat sudah mulai dibuka untuk dikunjungi.

Warga bersama pemuda setempat langsung sigap bergotong royong turun untuk membersihkan lokasi Curug dari lumpur dan sampah sisa banjir di lokasi. Sehingga akses jalan menuju Curug saat ini sudah bisa dilalui pengunjung.

“Curug Parigi, sudah mulai ramai di kunjungi lagi, sejak dua hari lalu. Ini mungkin karena libur panjang. Sejak diterjang banjir kami, pemuda dan warung yang berjualan langsung melakukan pembersihan,” ungkap Bono, pengurus lokasi Curug Parigi, kepada Cendana News, Minggu (1/11/2020).

Namun demikian Bono mengakui bahwa untuk beberapa spot foto masih belum dibangun lagi. Karena membutuhkan biaya, seperti material atau lainnya. Tetapi untuk sekadar melepas lelah menikmati suasana alam Curug Parigi, tentu sudah memadai.

Bono, ketua pemuda setempat, saat melakukan pembersihan di lokasi curug, Minggu (1/11/2020). -Foto: M. Amin

Dikatakan Curug Parigi, selain melihat sensasi panorama air terjun mini dari lintasan Sungai Cileungsi, yang dikatakan bak di Niagara, pengunjung juga bisa menikmati suasana alam rerindang pohon bambu dan lainnya.

Dikonfirmasi apakah ada bantuan dari pemerintah daerah akibat terjangan banjir Minggu lalu, Bono mengaku, masih murni swadaya masyarakat dalam membangun kembali lokasi Curug Parigi. Dikatakan baru Lurah Cikiwul yang datang melihat langsung.

“Tapi tidak ada janji apa pun seperti nanti akan dibantu membangun lagi spot foto atau lainnya. Sekarang kami, masih kumpulin dana lagi secara swadaya untuk membangun spot foto,” tukasnya.

Membangun kembali spot foto, imbuhnya tidak dilakukan sekarang, karena kondisi debit air Sungai Cileungsi masih baik turun. Di samping itu, berlajar dari pengalaman maka masih dirumuskan spot foto yang bisa lebih aman meskipun diterjang banjir.

“Belajar dari pengalaman banjir kemarin, kami masih memikirkan konsep baru membangun spot foto. Jika sewaktu-waktu terjadi lagi banjir, tidak terlalu merugi,” jelasnya.

Untuk diketahui di Bekasi ada beberapa tempat wisata yang kemungkinan bisa menangani keluhan terkait anggaran untuk menikmati libur. Alternatif salah satunya Curug Parigi, menawarkan suasana alam di tengah gemiricik aliran Sungai Cileungsi, dan selalu ada hiburan musik organ tunggal untuk olah vokal.

Tempat lainnya ada lokasi wisata Hutan Bambu. Bisa menikmati suasana Kali Bekasi sambil menaiki perahu keliling sungai. Memanfaatkan kesempatan berlibur juga tak perlu jauh-jauh.

Lihat juga...