Dinas Segera Perbaiki Gedung Sekolah Rusak Tersapu Angin di Semarang

Editor: Koko Triarko

SEMARANG – Dinas Pendidikan Kota Semarang memastikan segera melakukan perbaikan gedung sekolah SDN Ngaliyan 01 yang rusak akibat tersapu angin kencang. Dari kejadian tersebut, dua ruang kelas mengalami kerusakan, termasuk bagian atap gedung.

“Sudah terima laporannya, juga sudah melakukan pengecekan. Akan segera diperbaiki, apalagi atap gedung juga rusak, genteng pecah. Kalau tidak segera diperbaiki, kita khawatirkan kerusakan malah akan bertambah, apalagi saat ini sudah masuk musim penghujan,” papar Kepala Dinas Pendidikan Kota Semarang, Gunawan Saptogiri, saat ditemui di Semarang, Kamis (19/11/2020).

Dipaparkan, meski gedung sekolah rusak akibat tersapu angin kencang, pihaknya memastikan proses pembelajaran tetap berjalan normal melalui pembelajaran jarak jauh (PJJ).

“Kebetulan sekolah di Kota Semarang belum ada yang beroperasi secara tatap muka akibat pandemi Covid-19, jadi masih PJJ atau belajar dari rumah (BDR). Sehingga kerusakan ruang kelas tersebut tidak berpengaruh pada penyampaian materi pembelajaran kepada siswa,” terangnya.

Pihaknya juga sudah mengimbau kepada para guru dan staf, agar tidak mempergunakan ruangan yang rusak tersebut. Hal itu dilakukan untuk mengantisipasi agar tidak ada jatuh korban.

Kepala SDN Ngaliyan 01, Nurlaini Purwaningsih, menjelaskan, kerusakan sekolah akibat angin kencang tersebut terjadi pada Rabu (18/11/2020) sekitar pukul 17.30 WIB. Kondisi hujan deras yang disertai angin kencang memporak-porandakan genting sekolah, sehingga jatuh menimpa plafon eternit ruang kelas 28 dan 29 yang digunakan oleh siswa kelas III.

“Pohon di depan sekolah juga sampai tumbang karena kencangnya angin. Beruntung kejadian pada sore hari, guru-guru juga sudah pulang, sementara siswa juga belajar secara daring, jadi tidak ada aktivitas di sekolah,” paparnya.

Dijelaskan, baru pertama kali ini sekolah yang dipimpinnya tersebut tertimpa bencana angin kencang. Pihaknya pun berharap bisa segera dilakukan perbaikan, agar kerusakan tidak makin melebar.

“Harapannya segera dilakukan perbaikan. Terlebih sekarang musim penghujan, angin juga kencang. Takutnya genting yang masih terpasang, jika tidak diperbaiki bisa tersapu angin lagi. Saya juga sudah mengimbau agar tidak dekat-dekat lokasi, untuk keamanan bersama,” terangnya.

Lihat juga...