Dokternya Positif COVID-19, Puskesmas Lubuk Sanai Mukomuko Ditutup Sementara

Puskesmas Lubuk Sanai Kecamatan XIV Koto, Kabupaten Mukomuko – foto Ant

MUKOMUKO – Puskesmas Lubuk Sanai, Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu, mulai Sabtu (28/11/2020) ditutup sementara, atau tidak memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat. Kebijakan tersebut diambil, setelah seorang dokter di fasilitas kesehatan tingkat pertama tersebut terkonfirmasi positif COVID-19.

Jumlah kasus COVID-19 di Kabupaten Mukomuko sejak beberapa hari terakhir mengalami penambahan empat orang. Sebelumnya ada 86 orang terkonfirmasi positif, dan hari ini bertambah menjadi 90 orang. “Iya, Puskesmas ditutup karena ada dokter di Puskesmas ini yang positif COVID-19,” kata Sekretaris Dinas Kesehatan Kabupaten Mukomuko, Bustam Bustomo, Sabtu (28/11/2020).

Dari empat kasus COVID-19 tambahan, satu di antaranya dokter di Puskesmas Lubuk Sanai. Dokter tersebut menjadi kasus ke-90, dari Desa Ujung Padang, Kecamatan Kota Mukomuko. Riwayatnya, pernah kontak erat dengan pasien probable, yang meninggal dunia sebelum sempat diambil tes swab.

Puskesmas Lubuk Sanai, Kecamatan XIV Koto, di tutup sementara, sampai melihat perkembangan hasil tes usap atau selama 14 hari ke depan. Selanjutnya pelayanan kesehatan untuk warga yang berada di wilayah tersebut, untuk sementara waktu dialihkan ke beberapa Puskesmas terdekat, seperti Puskesmas Lubuk Pinang.

Kemudian salah satu dari tiga kasus COVID-19 lainnya di daerah ini, yakni warga yang telah meninggal dunia ternyata hasilnya positif COVID-19. Seorang yang meninggal dunia ini adalah kasus 89, berinisial NF, perempuan umur 66 tahun. Warga Kelurahan Pasar Mukomuko tersebut, mengalami gejala demam, penurunan kesadaran, batuk, pilek. Selain itu dua kasus COVID-19 lainnya yakni kasus 87 laki-laki berinisial MT umur 44 tahun dan kasus 88 perempuan berinisial SR umur 33 tahun, keduanya ini berasal dari Kecamatan Sungai Rumbai. (Ant)

Lihat juga...