Dukung Ketahanan Pangan, Manfaatkan Lahan Tidur untuk Bertani

PADANGSIDIMPUAN – Pemerintah Kota Padangsidimpuan, Sumatera Utara, meminta masyarakat untuk memanfaatkan lahan tidur atau pekarangan untuk bercocok tanam dalam upaya mendukung ketahanan pangan.

“Ayo memanfaatkan lahan-lahan tidur maupun pekarangan rumah untuk menciptakan masyarakat yang produktif,” kata Wali Kota Padangsidimpuan, Irsan Efendi saat panen perdana jagung hibrida di Desa Manegen Kecamatan Padangsidimpuan Tenggara, Selasa.

Ia sangat mengapresiasi apa yang sudah dilakukan masyarakat di Desa Manegen tersebut, karena dengan kreativitasnya mampu mengubah lahan tidur menjadi lahan produktif yang sudah menghasilkan.

Panen perdana jagung hibrida di Desa Manegen ini harus dimaknai sebagai nilai edukatif bagi masyarakat lainnya yang mampu memanfaatkan lahan-lahan yang dulunya tidak produktif menjadi produktif sehingga mampu mengangkat perekonomian warga.

“Manfaatkan lahan tidur, lihat ini sudah ada hasilnya, pemerintah akan berikan fasilitas jika lahan tidur dimanfaatkan sebagai lahan produktif di Kota Padangsidimpuan. Alhamdulillah ini sangat pantas diapresiasi,” katanya.

Desa-desa lain dapat mencontoh apa yang sudah dilakukan di Desa Manegen. Apalagi di tengah pandemi COVID-19 seperti saat ini tentunya sangat menuntut kreativitas petani untuk memaksimalkan potensi yang ada.

“Ke depan, bukan hanya jagung, tanaman komoditas lain akan kita wujudkan sehingga masyarakat benar-benar tangguh menghadapi pandemi yang kita alami bersama saat ini,” katanya. (Ant)

Lihat juga...