Dwigol Willian Jose Bawa Sociedad ke Puncak Liga Spanyol

Penyerang Real Sociedad, Willian Jose (kanan), melakukan selebrasi seusai mencetak gol ke gawang Villarreal dalam lanjutan Liga Spanyol di Stadion de la Ceramica, Villarreal, Spanyol, Senin (13/7/2020) – foto Dok Ant

JAKARTA – Dwigol yang dicetak Willian Jose, mengantarkan Real Sociedad, kembali ke puncak klasemen Liga Spanyol, setelah mengalahkan tuan rumah Celta Vigo 4-1 di Stadion Balaidos, Vigo, Minggu (1/11/2020).

Dwigol itu melengkapi gol-gol pembuka keunggulan Sociedad, yang dicetak David Silva dan Mikel Oyarzabal. Sedangkan tuan rumah, cuma bisa membalas sekali lewat eksekusi penalti Iago Aspas. Sociedad, mengoleksi 17 poin dan mengamankan kembali posisi puncak klasemen, yang sempat diambil alih oleh Real Madrid (16) sekira 24 jam yang lalu. Sedangkan Celta (6), tertahan di bibir jurang degradasi atau urutan ke-17.

David Silva, mengemas gol perdananya untuk Sociedad pada menit ke-24, dengan sebuah sundulan memanfaatkan umpan silang Aihen Munoz, untuk membawa tim tamu memimpin. Celta hampir membalas gol itu secara instan, tetapi kiper Alex Remiro masih bisa menjinakkan tembakan penyelesaian Fran Beltran.

Sociedad justru menggandakan keunggulan mereka pada menit ke-34, setelah Mikel Oyarzabal menyambar bola muntah, hasil tembakannya sendiri yang sempat tak diantisipasi sempurna oleh kiper Ruben Blanco. Skor 2-0 bertahan hingga jeda, dan sembilan menit memasuki babak kedua, Willian Jose, mencetak gol pertamanya di pertandingan itu dengan sepakan kaki kanan di tengah kotak penalti untuk menambah keunggulan Sociedad.

Pada menit ke-75, tuan rumah mendapat hadiah tendangan penalti, setelah Brais Mendez dijegal keras oleh Robin Le Normand di dalam kotak larangan. Kesempatan itu dikonversi dengan baik Aspas, demi memperkecil ketertinggalan Celta 1-3.

Namun, Willian Jose, mencetak gol keduanya pada menit ke-81, untuk melengkapi kemenangan Sociedad menjadi 4-1 atas tuan rumah. Sociedad berpeluang untuk melanjutkan kepemimpinan mereka di klasemen Liga Spanyol ketika menjamu Granada pada Minggu (8/11/2020) pekan depan. Sedangkan Celta main dua hari lebih awal di kandang Elche. (Ant)

Lihat juga...