Fasilitas Edukatif Anak Beri Kenyamanan di Pelabuhan Bakauheni

Redaktur: Muhsin Efri Yanto

LAMPUNG — Siti Kholifah merasa tenang saat mengajak kedua anaknya untuk menyeberang via kapal dari Bakauheni ke Merak. Pembelian tiket dengan sistem online dengan kapal eksekutif membuatnya harus menunggu satu jam sebelum kapal tiba di Bakauheni. Beruntung keberadaan area bermain anak tersedia. 

Captain Solikin, General Manager PT ASDP Indonesia Ferry cabang utama Bakauheni saat dihubungi, Kamis (5/11/2020)

Fasilitas area bermain bagi anak dibatasi dengan pagar warna warni, alas berbentuk puzzle dengan gambar menarik. Alas untuk duduk bahkan sebagian berbentuk permainan ular tangga. Lokasi pada area loby pembelian tiket berdekatan dengan nursery room atau tempat memberi ASI bagi ibu menyusui. Buku dongeng bergambar disiapkan untuk anak anak.

Waktu menunggu sebutnya sekaligus menanti kedatangan shuttle bus untuk membawa ke terminal eksekutif. Sebab bagi calon penumpang yang telah membeli tiket secara online melalui aplikasi Ferizy harus ada satu jam sebelum keberangkatan kapal. Pindah di terminal eksekutif wahana permainan Happy Kiddy juga tersedia meski berbayar. Setidaknya ia bisa menenangkan anaknya yang rewel dalam perjalanan.

“Anak yang sudah usia SD mulai mengerti sehingga permainan dan juga fasilitas buku di area bermain terminal eksekutif cukup membantu bagi orangtua yang membawa serta anak anak, permainan edukatif yang disediakan juga cukup lengkap,” terang Siti Kholifah saat ditemui Cendana News,Kamis (5/11/2020)

Area bermain anak sebutnya memberi kenyamanan selama masa menunggu. Terlebih pengelola terminal eksekutif telah memberikan fasilitas ramah anak dengan sejumlah tempat duduk yang nyaman. Sesampainya di kapal Portlink,salah satu dari empat kapal eksekutif ruangan perpustakaan, area bermain juga disiapkan.

Iik Farianti, salah satu petugas di area bermain Happy Kiddy terminal eksekutif menyebut wahana itu hanya diperuntukkan bagi anak. Sejumlah permainan akan dipandu oleh petugas diantaranya edukasi kegiatan pasar (market area),edukasi tentang transportasi,puzzle hingga adventure land. Pada adventure land disediakan fasilitas playground berkonsep outbound.

“Anak anak bisa mengalami suasana outbound dalam ruangan dengan fasilitas flying fox, mandi bola, seluncuran,” cetusnya.

Meski berbayar mulai dari Rp40.000 hingga Rp60.000 anak anak bisa bermain sesuai waktu yang ditentukan. Namun pada akhir pekan disediakan sejumlah permainan edukatif untuk anak anak sepuasnya tanpa dibatasi waktu.

Dwi, salah satu orangtua yang mengajak kedua anaknya mengaku memilih bermain di lokasi Happy Kiddy. Ia mempergunakan waktu mengusir kebosanan menunggu keluarga asal Merak. Satu jam menunggu dipergunakan olehnya untuk mengajak anaknya bermain. Ia bisa ikut menunggu dengan tambahan biaya Rp10.000 bagi orangtua.

“Area bermain yang nyaman melatih sisi kognitif anak, keberanian dan belajar berinteraksi dengan anak anak lain,” cetusnya.

Penyiapan fasilitas edukatif menjadi komitmen ASDP dalam mewujudkan pelabuhan ramah anak. Captain Solikin, General Manager PT ASDP Indonesia Ferry cabang utama Bakauheni menyebut sejumlah titik area bermain edukatif disediakan. Lokasi pertama di area ruang pembelian tiket dermaga reguler, area ruang tunggu terminal eksekutif dan sejumlah kapal.

“Seluruh kapal ASDP yang beroperasi di dermaga reguler dan eksekutif menyediakan area bermain dan perpustakaan lengkap dengan buku bacaan,” bebernya.

Penyediaan buku bacaan bagi anak anak, orangtua telah dilakukan bekerjasama dengan majalah parlementaria. Sejumlah rak buku lengkap dengan buku tentang kapal, tentang ASDP dan informasi menarik disediakan. Sejumlah fasilitas yang disediakan menjadi upaya memberi kenyamanan dan memperkenalkan transportasi laut bagi anak anak.

Lihat juga...