Gedung PSC 119 Mukomuko Ditarget Beroperasi 2021

Gedung PSC 119 yang berada di samping Dinas Kesehatan Kabupaten Mukomuko – Foto Ant

MUKOMUKO – Dinas Kesehatan Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu menargetkan, di 2021 mendatang gedung pelayanan tanggap darurat atau Public Safety Canter (PSC) 119, sudah dapat beroperasi.

“Target kami di 2021 gedung PSC 119 sudah bisa beroperasi, memberikan pelayanan tanggap darurat kepada masyarakat. Kalau tahun ini, karena ada bencana non alam COVID-19, kita gunakan alat untuk memberikan pelayanan COVID-19,” kata Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Mukomuko, Desriani, Rabu (18/11/2020).

Pemerintah Kabupaten Mukomuko melalui Dinas Kesehatan, membangun gedung pelayanan tanggap darurat, yang diberi nama Public Safety Center (PSC) 119 sejak 2019. Dinas Kesehatan di 2020 belum mengoperasikan gedung PSC 119, karena untuk memasang peralatan PSC 119 tersebut memerlukan ahli. Sedangkan belanja peralatan tersebut, tidak berada satu paket dengan tenaga ahli yang memasang peralatan.

Sementara, sampai sekarang belum ada dukungan dana yang bersumber dari APBD, untuk melengkapi berbagai fasilitas di gedung PSC 119 yang masih kurang. Termasuk untuk membeli maubeler meja dan kursi. “Sudah ada rencana kami untuk menjadikan PSC 119 ini menjadi UPT, sehingga mereka bisa maksimal dalam menjalankan tugas pelayanan tanggap darurat kesehatan maupun bencana alam,” ujarnya.

Terkait dengan kendala teknis lainnya yang dihadapi untuk mengoperasikan gedung PSC 119, disebutnya tidak banyak, karena peralatan untuk memberikan pelayanan tanggap darurat bencana kesehatan dan alam sudah lengkap. Kendati demikian, pihaknya tetap akan mengajukan kembali kekurangan peralatan dan personel, untuk mengoperasikan gedung PSC 119 tersebut di 2021. (Ant)

Lihat juga...