Gowes Road to Pon Papua Tiba di Lombok

Ketua Umum PB ISSI Raja Sapta Oktohari (depan) dalam kegiatan Gowes Road to PON Papua di Lombok, NTB, Minggu (15/11/2020) – Foto Ant

JAKARTA – Rombongan gowes Road to PON Papua 2021, yang menempuh jarak total 2020 kilometer (km), Minggu (15/11/2020) sudah tiba di Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB). Dengan demikian, sudah 1414 km jarak yang ditempuh, untuk mencapai 2020 kilometer saat tiba di Papua nanti.

Gowes Road to PON Papua, pada Minggu (15/11/2020), mengambil start dari Kantor Polda NTB menuju Kuta Mandalika sejauh 60 kilometer. Selain atlet elite putri dan junior nasional, beberapa komunitas balap sepeda, termasuk masyarakat Lombok, turut berpartisipasi dalam acara gowes tersebut. Kelompok-kelompok tersebut seperti Rinjani CC, WCC Lombok, TNT GFNY Lombok, Sahara dan Campur Sari.

Ini salah satu usaha kami dari PB ISSI, untuk proaktif mengkampanyekan PON 2020 Papua. Setelah Lombok dan Bali kita lihat nanti ke mana rutenya. Yang jelas kami ingin gowes ini bisa menjangkau seluruh wilayah Indonesia,” kata Wakil Ketua Umum Bidang Komunitas PB ISSI, Toto Sugito, Minggu (15/11/2020).

Menurut Toto, banyak event balap sepeda yang bisa digelar di Lombok. Lombok bahkan sudah masuk di dalam daftar, yang bakal ambil bagian dalam berbagai event PB ISSI. Termasuk UCI Grand Fondo Mandalika, yang merupakan event pendukung untuk ajang balap motor premier MotoGP Mandalika 2021.

“Sekarang kami gowes di Lombok dalam rangka Road to PON Papua 2020. Kemudian tahun depan, PB ISSI akan membuat UCI Grandfondo Mandalika 2021. Lalu juga kami akan buat Tour de Indonesia start di NTT/Larantuka finish di NTB/Lombok,” tutur Toto.

Ketua Umum PB ISSI, Raja Sapta Oktohari, juga mendorong agar ajang balap sepeda ke depan bisa dilangsungkan di Lombok. Selain pemandangannya yang mempesona, komunitas sepeda di daerah tersebut juga aktif melakukan kegiatan. “Saya jatuh cinta sama Lombok. Jalanannya bagus, mobil tidak banyak, dukungan Polda juga maksimal dan komunitas sepedanya hidup sehingga memungkinkan kegiatan nasional dan internasional diselenggarakann di Lombok,” ujar Okto.

PB ISSI sudah mengagendakan beberapa kegiatan balap sepeda pada 2021. Setidaknya ada lima kejuaraan yang rencananya siap digelar tahun depan, yaitu Tour de Indonesia, Tour de Singkarak, Tour de Ijen, Tour de Siak, dan UCI Grand Fondo Mandalika.

Namun penyelenggaran ajang balap sepeda itu tetap akan disesuaikan dengan situasi pandemi COVID-19 tahun depan. Kegiatan gowes Jakarta-Papua yang diinisiasi PB ISSI sudah dimulai sejak 21 September dengan etape pertama menempuh jarak 114 km dari Jakarta ke Purwakarta.  Kemudian dilanjutkan 240 km dari Serang ke Lesung, 1000 km dari Jakarta ke Bali lalu di Lombok sejauh 60 km. Kegiatan bersepeda itu diharapkan bisa finis di Papua paling cepat Desember 2020. (Ant)

Lihat juga...