Gurihnya Aneka Cemilan Berbahan Ikan Lele

Editor: Koko Triarko

MALANG – Selama ini, mendengar nama ikan Lele pasti orang akan langsung terpikir tentang kuliner pecel lele atau mangut ikan lele. Tapi tidak banyak orang tahu, jika ikan lele ternyata bisa juga diolah menjadi berbagai aneka makanan ringan.

Adalah Achmad Riduwan, warga desa Ardimulyo, kecamatan Singosari, Kabupaten Malang, yang kini telah sukses mengembangkan berbagai produk makanan ringan berbahan utama ikan lele. Tidak hanya memanfaatkan dagingnya, dengan menerapkan teknik zero waste, Riduwan mampu memanfaat seluruh bagian tubuh ikan lele, mulai dari kulit, daging hingga tulang.

“Teknik zero waste merupakan teknik pengolahan ikan lele tanpa limbah, atau dengan kata lain tidak ada limbah yang tersisa, karena semua bagian dari ikan lele bisa dimanfaatkan,” jelasnya, kepada Cendana News, saat mengikuti pameran gelar produk UKM perikanan Malang di salah satu Mall di kota Malang, Sabtu (14/11/2020).

Diceritakan Riduwan, usaha aneka makanan ringan berbahan dasar ikan lele sudah ia rintis sejak 2016. Berawal dari keinginannya untuk meningkatkan pendapatan pembudidaya ikan lele di lingkungannya, di tahun tersebut pria kelahiran 16 Juni 1977 ini kemudian bersama warga setempat membentuk kelompok budi daya ikan lele dan pengolahannya.

Tercatat, saat ini lebih dari lima produk makanan ringan berbahan ikan lele yang sudah ia produksi dan pasarkan.

“Kulitnya kita buat untuk Rambak Kulit Ikan Lele (Ramile). Dagingnya kita jadikan Amplang Lele (Apale), abon, dan produk frozen food. Kemudian tulangnya kita jadikan Stik Tulang Lele (Situle), Abon tulang Lele (Boncale) dan Brownies Tulang Lele (Browtule). Ada juga Keripik Lele (Kirile) yang terbuat dari ikan utuh tanpa kepala,” katanya.

Menurutnya, ikan lele memiliki banyak kandungan gizi dan tinggi akan protein yang baik untuk pertumbuhan anak. Ikan lele juga kaya akan fosfor yang bersenyawa dengan kalsium untuk menunjang kesehatan gigi dan gusi.

Lebih lanjut disampaikan Riduwan, aneka cemilan berbahan ikan lele tersebut kini sudah dipasarkan di berbagai daerah, di antaranya Yogjakarta, Tangerang, Banten dan Makassar.

Harganya dipatok mulai dari Rp9-27.000.

“Ke depan, kami akan terus berinovasi agar ikan lele yang selama ini masih dipandang sebelah mata oleh sebagian orang, bisa menjadi makanan favorit di tengah-tengah masyarakat,” tuturnya.

Sementara itu salah satu pembeli, Rinawati, mengaku baru mengetahui jika ternyata ikan lele bisa diolah menjadi aneka cemilan.

“Taunya, kalau ikan lele ya cuma dibuat lalapan dengan sambal. Tapi, ternyata semua bagian tubuh ikan lele bisa diolah menjadi aneka cemilan,” akunya.

Lihat juga...