Harga Cabai di Pasar Yotefa Rp100 Ribu per Kilogram

JAYAPURA  – Harga cabai kecil di pasar Yotefa Abepura dan pasar Hamadi di Kota Jayapura dalam sepekan mengalami kenaikan signifikan dari Rp40 ribu/kg menjadi Rp100 ribu/kg dampak adanya demo penjual dan petani Arso Kabupaten Keerom.

Erlamu, pedagang di pasar Yotefa Abepura, Rabu mengakui, kenaikan harga cabai karena pengaruh ketiadaan pasokan dari petani Arso Kabupaten Keerom yang mogok berjualan karena pemindahan tempat berdagang ke lokasi baru.

“Ya, rencana aksi tidak berjualan petani pemasok sembako dari Arso Kabupaten Keerom berlangsung hingga Kamis 12 November. Selama pasokan cabai berkurang harga akan naik,” ujarnya.

Pedagang lain Surya mengakui, kenaikan harga cabai sangat beralasan akibat pasokan bahan pokok dari petani Arso berkurang karena protes adanya pemindahan pasar ke lokasi pasar Yotefa baru.

“Kenaikan harga cabai terus terjadi jika petani Arso masih melakukan aksi tidak berjualan, ya hingga saat ini harga cabai terus naik,”ujarnya.

Ia berharap, petani Arso bisa kembali berjualan sehingga dapat suplai kebutuhan bahan pokok bagi warga di Kota Jayapura dan sekitarnya.

Pantauan  di lokasi kios pasar Abepura baru, tampak beraktivitas normal meski penjual sayuran berkurang karena masih melakukan aksi mogok berjualan sampai Kamis 12 November 2020. (Ant)

Lihat juga...