Hutan Bambu di Bekasi Terus Berbenah Pikat Pengunjung

Editor: Koko Triarko

BEKASI – Sebagai pelopor wisata alam pertama di tengah kota di Bekasi, Hutan Bambu memiliki daya pikat tersendiri dan terus berbenah untuk memberi kenyamanan pengunjung.

Selain rerindangan pohon bambu dan fasilitas perahu untuk berselancar di Kali Bekasi, sekarang sudah ada penambahan jembatan gantung melintasi Kali Bekasi sebagai penghubung antardua RT di lokasi, serta panggung kesenian permanen.

Jembatan gantung itu tentu menambah fasilitas di sekitaran lokasi wisata alam hutan bambu, untuk menjadi tempat berswafoto ketika sore menjelang matahari terbenam. Sementara panggung kesenian, kerap menjadi ajang kreasi seni pertunjukan ataupun hiburan musik.

“Alhamdulillah, pengunjung tetap ramai setiap akhir pekan. Karena selain rerindangan pohon bambu, ada juga hiburan. Pengunjung bisa bersantai di saung dengan menikmati kuliner yang ada di hutan bambu,” ujar Duddy, pengelola lokasi wisata hutan bambu kepada Cendana News, Minggu (15/11/2020).

Dikatakan, saat ini banyak pengembangan yang dilakukan untuk memberi kenyamanan pengunjung, selain fasilitas berswafoto. Salah satunya tempat kuliner di atas air dan fasilitas lainnya.

Terkait keberadaan jembatan gantung yang dibangun melalui dana APBN dari dana aspirasi anggota DPR RI tersebut, Duddy mengatakan bahwa itu juga menjadi daya tarik baru bagi pengunjung. Namun demikian, dia menyayangkan karena saat ini jembatan sudah mengalami retak hingga menjadi sorotan banyak pihak.

Bahkan, jelasnya, ketua Komisi III DPRD Kota Bekasi, sudah ke lokasi melihat langsung keretakan jembatan gantung di lokasi wisata alam hutan bambu.

Meski sudah retak, jelasnya, banyak pengunjung tetap berswafoto di atas jembatan dan masih dilintasi, terutama oleh pasukan gowes saat pagi hari setiap akhir pekan. Mereka menyebarang melalui jembatan sebagai jalur lintasan menuju jalan A Yani.

Letak Hutan Bambu berada di jalan RA Kartini RT 04, RW 26, Kelurahan Margahayu, Kecamatan Bekasi Timur, Kota Bekasi, memiliki dermaga dari bahan bambu yang unik. Pengelola memastikan setiap pengunjung harus mematuhi protokol kesehatan.

Di seberang jembatan gantung, ada dermaga tersendiri menjadi basecamp pasukan katak yang bertugas membersihkan kali Bekasi. Lokasi itu tidak kalah menarik, karena ada pemukiman warga di bantaran kali Bekasi yang di depannya juga terdapat rerindangan pohon bambu.

“Di sini juga kerap dijadikan tempat berswafoto karena ini ada dermaganya yang tersusun, banyak perahu yang biasa kami pakai untuk membersihkan Kali Bekasi,” ujar Mansur dari tim Katak.

Lihat juga...