Ikan Teri Diracik dengan Kacang Disukai Warga Sikka

Editor: Makmun Hidayat

MAUMERE — Ikan teri dengan campuran kacang tanah disukai warga Kabupaten Sikka, Nusa Tenggara Timur (NTT), sehingga banyak juga rumah makan yang menyiapkan menu ikan teri dicapur kacang tanah.

“Saya kadang-kadang sebulan dua kali masak ikan teri. Selain digoreng campur tomat, juga dicampur dengan kacang tanah,” sebut Maria Magdalena, warga Kota Maumere, saat ditemui di rumahnya di Kelurahan Wailiti, Sabtu (28/11/2020).

Ia mengatakan, untuk membuat masakan ini tidak terlalu sulit sebab hanya menyiapkan kacang tanah yang sudah dikupas lalu direndam dalam air panas selama sekitar setengah jam untuk memisahkan kulit arinya terlebih dahulu.

“Setelah itu keringkan kacangnya terlebih dahulu hingga benar-benar tidak ada air baru digoreng hingga matang.Bersihkan ikan asin dan cuci di air panas untuk mengurangi kadar asinnya dan membuat ikan sedikit lembek,” ungkapnya.

Maria Magdalena, warga Wailiti, saat ditemui di rumahnya, Sabtu (28/11/2020). -Foto: Ebed de Rosary

Maria menambahkan, siapkan bawang merah, bawang putih, cabe keriting, garam dan penyedap masakan secukupnya lalu kupas dan iris bawang serta cabe keriting dan panaskan di wajan.

Ia melanjutkan,angkat ikan asin yang direndam dan biarkan benar-benar kering hingga tidak ada airnya lalu masukan ke dalam tumisan bumbu di wajan dan aduk hingga setengah matang.

“Masukan kacang tanah lalu aduk hingga merata sambil ditambahkan sedikit air.Aduk sampai benar-benar matang ,masukan sedikit penyedap rasa lalu angkat dan siap dihidangkan,” terangnya.

Warga Kota Maumere, Lusia Ensa saat ditanyai mengaku, memang sering juga makan ikan teri asin dicampur kacang tanah dan biasanya dimakan dengan singkong dan pisang rebus.

Lusia menyebutkan, terkadang ikan asin rasanya terlalu asin sehingga biasanya dirinya merendam ikan tersebut di air panas dan dibersihkan hingga dua kali agar rasa asin agak berkurang.

“Kadang kalau rasanya terlalu asin juga tidak terlalu enak dimakan. Kalau dicampur dengan kacang tanah memang rasanya lebih enak apalagi dimakan dengan singkong dan pisang rebus,” ucapnya.

Ikan teri mudah didapat karena banyak dijual pedagang ikan asin di Pasar Alok Maumere, dengan harga yang tergolong murah berkisar antara Rp60 ribu hingga Rp80 ribu per kilogramnya tergantung jenis ikannya.

Meski begitu, belum banyak warga yang mengkonsumsi ikan asin apalagi ikan teri karena harga ikan basah yang baru ditangkap para nelayan dijual dengan harga murah di TPI Alok Maumere.

Lihat juga...