Inggris Cukur Irlandia 3-0, Wales Vs AS Berakhir Nirgol

JAKARTA — Tim nasional Inggris mencukur Republik Irlandia 3-0 dalam rangkaian laga persahabatan internasional ketika pertandingan lain antara Wales vs Amerika Serikat berakhir nirgol.

Inggris yang menjamu Irlandia di Wembley meraih kemenangan berkat gol-gol Harry Maguire, Jadon Sancho dan Dominic Calvert-Lewin, demikian catatan laman resmi UEFA.

Kendati mengistirahatkan nama-nama besar seperti Harry Kane dan Jordan Henderson, tim besutan Gareth Southgate tetap tampil cukup dominan atas tamunya di laga tersebut.

Inggris membuka keunggulan pada menit ke-18 saat Maguire yang mengemban ban kapten di laga itu menyambut umpan silang Harry Winks dengan tandukan tajam untuk menaklukkan kiper Darren Randolph.

Keunggulan itu digandakan oleh Sancho pada menit ke-31 dengan sebuah tembakan mendatar ke area tiang jauh menyelesaikan umpan dari Jack Grealish.

Grealish hampir mencatatkan assist kembali di pengujung babak pertama, sayang tembakan Tyrone Mings masih melenceng dari sasaran.

Memasuki babak kedua, Inggris kembali tampil gemilang sejak sepak lanjut dan memperoleh hadiah tendangan penalti setelah Bukayo Saka dijatuhkan oleh Cyrus Christie.

Calvert-Lewin menghadapi bola dari titik putih dan mengeksekusi penalti dengan sempurna ke pojok kiri atas gawang tak terjangkau Randolph untuk menambah keunggulan Inggris pada menit ke-56.

Skor 3-0 bertahan hingga bubaran, memberi Inggris modal positif jelang dua laga terakhirnya di UEFA Nations League Divisi A Grup 2 (A2) dengan melawat ke Belgia pada Sabtu (15/11) dan menjamu Islandia tiga hari berselang.

Sedangkan Irlandia akan bertandang ke Wales pada Sabtu (15/11) dan menjamu Bulgaria tiga hari kemudian di Grup B4.

Sementara itu dalam pertandingan lain yang dimulai lebih awal di Stadion Liberty, Swansea, Wales bermain imbang nirgol kontra AS.

Laga itu jadi debut bagi talenta muda Borussia Dortmund, Giovanni Reyna, bersama AS kendati dia bermain hanya 79 menit sebelum digantikan Timothy Weah.

AS tampil lebih dominan dengan memiliki 61 persen penguasaan bola, tetapi serangan mereka tumpul terlihat dari hanya satu tembakan yang menemui sasaran dari tujuh percobaan.

Wales selanjutnya akan tampil di Grup B4 Nations League menjamu Irlandia pada Sabtu (15/11) dan Finlandia tiga hari berselang. (Ant)

Lihat juga...