Insfrastruktur Jalan Tol Dukung Sektor Pariwisata Lampung

Editor: Makmun Hidayat

LAMPUNG — PT Hutama Karya (HK) selaku pengelola Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS) ruas Bakauheni-Terbanggi Besar dukung sektor pariwisata di Lampung. Hanung Hanindito, Kepala Cabang PT HK menyebut infrastruktur jalan tol tersambung Lampung – Palembang jadi sarana memperlancar transportasi ke destinasi wisata.

Pembangunan Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS) ruas Bakauheni – Terbanggi Besar terkoneksi dengan Pematang Panggang – Kayu Agung – Palembang. Operasional jalan bebas hambatan itu telah mendukung akses ke destinasi wisata alam bahari dan objek wisata lain. Penempatan sejumlah gerbang tol langsung ke akses masuk objek wisata memudahkan sektor pendukung pariwisata.

Pada akses masuk Pulau Sumatera dari Jawa ke Pelabuhan Bakauheni, akses JTTS sebut Hanung Hanindito terkoneksi dengan Pelabuhan Bakauheni. Sesuai rencana Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC) pihak HK ikut dalam pengembangan kawasan wisata terintegrasi Bakauheni. Objek wisata Menara Siger jadi pusat destinasi terintegrasi dengan sejumlah pantai Bakauheni.

“Aksebilitas jalan sebagai pendukung transportasi wisata akan menjadi penyokong sebab syarat untuk destinasi wisata yang baik harus memiliki amenitas, atraksi dan aksesbilitas salah satunya jalan yang memadai,” terang Hanung Hanindito saat dikonfirmasi Cendana News, Minggu (1/11/2020).

Kawasan wisata terintegrasi Bakauheni yang akan dibangun ITDC, HK dan ASDP Bakauheni serta Pemerintah Provinsi Lampung lanjut Hanung Hanindito telah berjalan. Penyiapan gerbang tol Bakauheni Utara dan gerbang tol Bakauheni Selatan jadi pendukung wisata terintegrasi tersebut. Saat libur panjang fasilitas tol jadi sarana favorit wisatawan menuju objek wisata.

Hanung Hanindito (kanan) Kepala Cabang PT Hutama Karya pengelola Jalan Tol Trans Sumatera ruas Bakauheni – Terbanggi Besar, Lampung, Minggu (1/11/2020). -Foto Henk Widi

Konektivitas gerbang tol untuk wisata bahari juga disebut Hanung cukup memadai. Sebab selain di Bakauheni sebagai gerbang Sumatera akses juga disiapkan pada wilayah Kalianda dan Sidomulyo. Dua wilayah dengan peluang pantai dan pegunungan yang menyajikan keindahan wisata. Gerbang tol ke wilayah kota Bandar Lampung juga disiapkan di Lematang.

“Objek wisata di Kabupaten Pesawaran juga difasilitasi untuk wisatawan dengan penyiapan gebang tol Natar dan Kotabaru,” cetus Hanung Hanindito.

Selama libur panjang Maulid Nabi Muhammad SAW dan cuti bersama, wisatawan asal Sumatera Selatan terlihat mendominasi. Akses keluar gerbang tol Kotabaru didominasi kendaraan asal Palembang yang akan berwisata ke kota Bandar Lampung dan Pesawaran. Sebagian memilih sejumlah destinasi di Lampung Selatan ke sejumlah pantai dan Menara Siger.

Konektivitas JTTS ke Pelabuhan Bakauheni dan objek wisata jadi sisi positif objek wisata Menara Siger. Rere, salah satu pengunjung menyebut bisa lebih mudah ke objek wisata itu semenjak ada tol. Ia bisa menikmati suasana Selat Sunda dari lantai empat menara yang berbentuk mahkota khas Lampung itu. Mengajak serta kawan asal Palembang waktu tempuh maksimal hanya empat jam.

“Lebih cepat sampai dan ketika ada di Menara Siger bisa melakukan aktivitas mengunjungi objek wisata lain di sejumlah pantai,” bebernya.

Ello, petugas pengelola objek wisata Menara Siger mengaku saat libur pajang wisatawan datang dari luar wilayah. Wisatawan dari Jakarta, Palembang, Bandung yang telah bepergian ke Lampung memakai jalan tol kerap mampir. Sebab sebelum membeli tiket kapal ada jeda waktu satu hingga dua jam. Pengunjung yang datang tetap menaati protokol kesehatan memakai masker, cuci tangan pakai sabun dan jaga jarak.

Sempat ditutup, Menara Siger sebutnya mulai dikunjungi rata rata 500 hingga 600 orang per hari. Pembatasan dilakukan dengan memperhatikan kapasitas objek wisata tersebut. Sebab sebagian area Menara Siger merupakan tempat tertutup dan terbuka. Akses masuk dari JTTS sebutnya cukup dekat sehingga memudahkan wisatawan. Keberadaan jalan tol ikut mendongkrak kunjungan ke land mark Lampung di ujung Sumatera itu.

Lihat juga...