Jelang EURO 2021, Usaha Sablon Polyflex Ramai Order

Redaktur: Satmoko Budi Santoso

JAKARTA – Sekitar 7 bulan lagi, perhelatan akbar kompetisi sepakbola antarnegara-negara benua biru (Euro 2021) akan dihelat. Euforianya pun sudah mulai terasa di berbagai negara, termasuk Indonesia.

Hal tersebut terlihat dari tingginya pembelian kaos berjenis jersey negara-negara kontestan Euro 2021, di sejumlah toko jersey di Pasar Tanah Abang, Jakarta Pusat. Dan bukan hanya jersey, orderan jasa penyablonan pun turut banjir permintaan.

Agung (28), pemilik toko sablon “Nomor Punggung” yang berlokasi di Blok B Lantai 3, Pasar Tanah Abang, mengatakan, saat ini orderan jasa sablon polyflex sedang tinggi-tingginya. Bahkan dalam sepekan terakhir, Agung bersama satu rekannya, telah mengerjakan pesanan sebanyak 20 lusin jersey.

“Alhamdulillah nih lagi bagus orderan, karena kan mau ada Euro. Pelanggan kami memang kebanyakan penggemar bola. Biasanya mereka sablon nama dan nomor punggung di jersey. Ada yang nyablon satuan, tapi kebanyakan per tim minimal selusin,” terang Agung kepada Cendana News saat ditemui di tokonya, Selasa (24/11/2020) di Jakarta.

Salah satu hasil sablonan Polyflex di gerai jersey sepak bola di kawasan Pasar Tanah Abang, Jakarta, Selasa (24/11/2020) – Foto: Amar Faizal Haidar

Agung menjelaskan, proses penyablonan tidak membutuhkan waktu yang terlalu lama. Biasanya, untuk satu sablonan hanya membutuhkan waktu sekitar 15 menit. Namun untuk orderan selusin, biasanya bisa lebih cepat, sekitar 10 menit per sablon/baju.

“Yang lama itu kan sebetulnya cuma proses printing. Kalau cutting (pemotongan desain) dan sablon tidak sampai 5 menit, selesai. Cuma ya harus sabar dan teliti, jangan sampai miring penempatan sablonannya. Kalau sudah salah, nggak bisa dibenerin lagi,” jelas Agung.

Untuk diketahui, Sablon Polyflex merupakan salah satu sablon digital, yang memakai bahan sejenis stiker atau vinyl yang dipress memakai mesin heat press. Sablon polyflex ini memiliki banyak jenis polyflex serta warna yang bervariasi.

Adapun harga sablon sendiri berkisar  antara Rp15.000 sampai dengan Rp30.000, tergantung desain sablon dan jumlahnya. Namun untuk standar nama dan nomor punggung jersey biasanya Rp20.000 per satu jersey.

“Kami tidak batasin jumlah orderan. Bisa satuan atau bisa juga lusinan. Kalau sedang tidak banyak orderan, sehari bisa langsung jadi dan bisa ditunggu juga. Kami buka jam 09.00 sampai jam 16.00,” tukas Agung.

Di tempat yang sama, Iwan Gunawan, salah seorang pelanggan mengaku senang menggunakan sablon polyflex untuk setiap jersey yang digunakannya bersama timnya, karena hasil sablonan yang bagus dan kuat, alias tidak mudah rusak atau sobek.

“Saya kalau nyablon baju tim futsal pasti di sini. Udah langganan. Memang hasilnya bagus, lebih murah dan cepat jadi. Itu sih keunggulannya,” kata Iwan.

Iwan juga sempat mengomentari pelaksanaan Euro 2021. Dia memprediksi Italia akan tampil sebagai juara pada kompetisi yang akan berlangsung pada 11 Juni hingga 11 Juli 2020 mendatang tersebut.

“Italia sekarang komposisi pemainnya semakin bagus. Lini serang, tengah dan belakang itu kuat, apalagi ditangani sama pelatih berpengalaman, Roberto Mancini. Terbukti kan mereka itu salah satu kesebelasan pertama yang lolos ke Euro,” tukas Iwan.

Lihat juga...