Jelang Porda, Percasi Diminta Bisa Jaring Bibit Baru

Redaktur: Muhsin Efri Yanto

Ali Mahyail, penggemar olahraga Catur di Kota Bekasi, Jumat (13/11/2020). Foto: Muhammad Amin

BEKASI — Persatuan Catur Seluruh Indonesia (Percasi) Kota Bekasi, Jawa Barat diminta bisa lebih aktif dalam mencari bibit baru melalui tournamen. Hal tersebut karena minimnya event catur yang ada di wilayah setempat.

“Cabor Percasi di setiap Porda selalu ada. Tapi di Kota Bekasi, belum terlihat penjaringan melalui tournamen dari tingkat kecamatan ataupun daerah,” kata Ali Mahyail, penggemar olahraga Catur di Kota Bekasi, kepada Cendana News, Jumat (13/11/2020).

Catur menurutnya merupakan salah satu olahraga yang murah dan universal. Sifatnya untuk semua kalangan usia tidak dibatasi, tetapi di Kota Bekasi sangat jarang event tournamen catur yang digela.

Apalagi saat ini menyambut pra Porda Jabar 2021, yang semakin dekat. Percasi diminta lebih aktif dalam melakukan pembinaan dan mencari bibit baru agar bisa terkoordinir dan terdata dengan baik.

“Harusnya Percasi menggelar tournamen melalui piala tertentu di tingkat Kota Bekasi secara rutin agar memonitor bibit baru. Sekarang tidak diketahui siapa bibit potensialnya. Padahal tournamen catur tidak memerlukan biaya besar dan tempat luas,” tandasnya.

Dia berharap KONI Kota Bekasi, bisa memperhatikan Cabor Catur, melalui berbagai kegiatan tournamen dalam memacu motivasi penggemar catur di Kota Bekasi.

Ali Mahyail, adalah salah satu penggemar olahraga catur di Kota Bekasi. Ia kerap mengikuti tournamen tertentu.

“Saya sebenarnya hanya penggemar biasa, tapi sering ikut tournamen. Tahun ini pernah ikut torunamen antar aktifis. Catur adalah seni berpikir sebagai ajang mengasah otak, maka tidak salah jika disebut olahraga otak,” ucap Ali, percaya olahraga catur bisa menunda kepikunan.

Ia mengaku optimis banyak bibit baru usia remaja di Kota Bekasi bisa tampil maksimal dalam olahraga catur. Jangan dikira catur hanya digemari orang tua, tapi banyak bibit baru usia sekolah mumpuni dalam bermain catur.

Dikonfirmasi terpisah, Ketua KONI Kota Bekasi, Ian Rasyad Irwan, menegaskan bahwa Cabor Catur Kota Bekasi masih aktif. Namun demikian diakuinya agenda tournamen memang belum ada karena terbentur masalah pandemi Covid-19.

“Tahun ini harusnya ada Kerjuda Catur tingkat Kota Bekasi sudah disusun agendanya. Tapi tidak bisa dilaksanakan karena Covid-19,”ucapnya.

Ia juga memastikan bahwa Percasi Kota Bekasi, menjadi salah satu Cabor yang akan diikutkan dalam Porda Jabar 2022. Pembinaan pastinya ada sekarang, imbuhnya tapi tentu tidak seperti kondisi biasa, hanya perorangan dan sistem janjian saja saat latihan.

Lihat juga...