Kasus Positif Covid-19 di Kebumen Bertambah 111 Orang

Redaktur: Satmoko Budi Santoso

KEBUMEN – Masuk kembali ke zona merah dalam sepekan terakhir, penambahan kasus positif Covid-19 di Kabupaten Kebumen nyaris tak terkendali. Hari ini, Jumat (20/11/2020) ada penambahan kasus positif Covid-19 sebanyak 111 orang.

Sedangkan hari sebelumnya, berturut-turut ada penambahan 56 dan 42 kasus positif. Dengan adanya penambahan tersebut, maka sampai hari ini total kasus positif Covid-19 di Kabupaten Kebumen mencapai 1.952 orang.

“Sekarang Kebumen masih zona merah, karena penambahan angka positif Covid-19 cukup besar, hari ini ada penambahan 111 orang positif dan ada 1 pasien positif yang meninggal dunia, yaitu NGA perempuan usia 61 tahun,” kata Koordinator Humas Tim Penanggulangan Covid-19 Kabupaten Kebumen, Cokro Aminoto, Jumat (20/11/2020).

Berbagai upaya sebenarnya sudah dilakukan jajaran Pemkab Kebumen, namun angka positif Covid-19 terus mengalami kenaikan. Mulai dari peningkatan kedisiplinan protokol kesehatan di masyarakat dengan hencar melakukan operasi masker, hingga sosialisasi prokes dengan menggandeng berbagai elemen.

“Kita berupaya terus untuk meningkatkan kedisiplinan penerapan protokol kesehatan di masyarakat, operasi yustisi setiap hari dilaksanakan oleh tim gabungan pada beberapa titik, mulai dari kebumen bagian barat, timur hingga di pusat kota,” tuturnya.

Salah satu sasaran operasi yustisi adalah kecamatn serta desa yang termasuk kategori zona merah. Ada satu kecamatan zona merah di Kebumen yaitu Kecamatan Karanganyar. Sedangkan untuk desa, ada enam desa zona merah, yaitu Desa Sadang Kulon, Karanggayam, Tukinggendong, Karangduwur dan Desa Sidomukti Ambal.

Sementara itu, dari data Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Kebumen, saat ini jumlah pasien positif Covid-19 yang sedang menjalani perawatan di rumah sakit ada 125 orang dan ada tiga pasien yang dirujuk. Sedangkan kasus positif yang masih menjalani isolasi ada 452 orang.

“Untuk pasien positif Covid-19 yang meninggal dunia hari ini bertambah 1 orang, sehingga total sudah ada 60 orang yang meninggal dunia. Sedangkan untuk pasien positif Covid-19 yang sudah dinyatakan sembuh ada 1.312 orang,” kata Kepada Dinkes Kabupaten Kebumen, dr. Dwi Budi Satria.

Sampai dengan hari ini, lanjut Kadinkes, Kabupaten Kebumen telah melakukan pemeriksaan rapid test terhadap 36.074 orang atau sebanyak 3 persen dari total jumlah penduduk.

“Untuk deteksi awal dengan rapid test, jika ditemukan ada yang reaktif, akan ditindaklanjuti dengan swab test,” terangnya.

Lihat juga...