Kebumen Gencarkan Pendisiplinan Protokol Kesehatan

Redaktur: Muhsin Efri Yanto

Koordinator Humas Tim Gugus Tugas Penanggulangan Covid-19 Kabupaten Kebumen, Cokro Aminoto di kantornya. (FOTO : Hermiana E.Effendi)

KEBUMEN — Dalam tiga hari terakhir, kasus positif Covid-19 di Kabupaten Kebumen bertambah 47 orang dan 4 orang positif meninggal dunia. Melihat banyaknya penambahan kasus positif serta yang meninggal dunia, Kebumen terus menggencarkan pendisiplinan protokol kesehatan.

Koordinator Humas Tim Penanggulangan Covid-19 Kabupaten Kebumen, Cokro Aminoto mengatakan, hari ini giat operasi pendisiplinan dilakukan di Kebumen bagian barat, tengah dan timur serta area Kota Kebumen. Sasarannya mulai dari tempat usaha, pasar tradisional serta ruas Jalan Yahya Ambal-Kutowinangun.

“Dari giat operasi pendisiplinan penggunaan masker hari ini, ada 150 orang yang terjaring karena tidak menggunakan masker dan satu tempat usaha yang kita peringatkan karena tidak menerapkan protokol kesehatan pencegahan Covid-19, yaitu menyediakan sarana tempat cuci tangan serta menerapkan physical distanching,” jelasnya, Jumat (13/11/2020).

Sedangkan kemarin, tim gabungan juga melakukan operasi pendisiplinan di sejumlah titik, dengan sasaran yang sama. Dari hasil operasi tersebut ditemukan 53 orang pelanggar masker serta dua tempat usaha yang diberikan teguran tertulis karena tidak tidak menerapkan protokol kesehatan.

Sementara itu, terkait penambahan angka positif Covid-19, Cokro Aminoto mengatakan, hari ini kasus positif bertambah 8 orang dan satu orang positif meninggal dunia. Sedangkan kemarin ada penambahan kasus positif cukup banyak yaitu sampai 31 orang dan sehari sebelumnya ada penambahan 8 kasus positif serta tiga orang positif meninggal dunia.

Dengan adanya penambahan kasus positif tersebut, maka sampai dengan saat ini total jumlah kasus positif Covid-19 di Kebumen mencapai 1.584 orang. Dari jumlah tersebut, sebanyak 98 orang masih menjalani perawatan di rumah sakit, 222 orang menjalani isolasi, 55 orang meninggal dunia dan yang sudah dinyatakan sembuh ada 1.221 orang.

Terpisah, Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Kebumen, dr Dwi Budi Satrio mengatakan, kasus positif Covid-19 yang meninggal di Kebumen cukup banyak, total ada 55 orang. Dan didominasi oleh usia lanjut di atas 60 tahun.

“Seperti dalam tiga hari terakhir ada 4 orang positif yang meninggal dunia dan semua usianya di atas 60 tahun. Hari ini ada satu yang meninggal dunia yaitu PON usia 65, sebelumnya ada tiga orang meninggal yaitu SP usia 62 tahun, SUM usia 64 tahun dan AR usia 80 tahun,” tuturnya.

Kadinkes mengatakan, masyarakat harus lebih memperhatikan para orang tua usia lanjut, mengingat sebagian besar merupakan kormobid, sehingga harus benar-benar dijaga interaksi sosialnya serta penerapan protokol kesehatan di dalam rumah.

Lihat juga...