Kebumen Kembali Masuk Zona Merah Covid-19

Redaktur: Muhsin Efri Yanto

Koordinator Humas Tim Gugus Tugas Penanggulangan Covid-19 Kabupaten Kebumen, Cokro Aminoto di kantornya. (FOTO : Hermiana E.Effendi)

KEBUMEN — Dalam dua hari terakhir, Kabupaten Kebumen kembali masuk kategori zona merah, setelah sebelumnya masuk dalam zona orange sekitar satu bulan. Hal ini disebabkan, penambahan kasus positif Covid-19 yang cukup banyak, disertai dengan kasus positif yang meninggal dunia.

Koordinator Humas Tim Penanggulangan Covid-19 Kabupaten Kebumen, Cokro Aminoto mengatakan, saat kembali masuk zona merah, ada penambahan kasus positif sebanyak 51 orang dan yang meninggal dunia bertambah 2 orang. Sedangkan untuk hari ini, kasus positif bertambah 8 orang.

“Untuk kecamatan yang juga masuk dalam zona merah yaitu Karanganyar, serta enam desa yaitu Sadang Kulon, Karanggayam, Desa Kebumen, Tukinggedong, Karangduwur dan Sidomukti Ambal,” jelasnya, Senin (16/11/2020).

Lebih lanjut Cokro Aminoto mengatakan, berbagai upaya terus dilakukan untuk meningkatkan kedisiplinan masyarajat dalam penerapan protokol kesehatan. Antara lain dengan operasi yustisi penegakan Perbup nomor 68 tahun 2020 tentang Pencegahan Penularan Covid-19 di Kabupaten Kebumen. Operasi yustisi dilakukan unsur gabungan dari personil Satpol PP, TNI, Polri dan Linmas.

“Untuk hari ini kegiatan operasi yustisi dilakukan di area alun-alun selatan perkantoran Pemkab Kebumen dan Pantai Setrojenar. Dalam operasi tersebut terjaring 78 orang pelanggar yang tidak penggunaan masker,” terangnya.

Cokro memaparkan, tingkat kedisiplinan masyarakat untuk menggunakan masker masih rendah, hal ini terbukti dengan banyaknya yang terjaring operasi yustisi. Sehari sebelumnya juga dilakukan operasi yustisi yang ditemukan ada 150 orang pelanggar di daerah Karangsambung,Kuwarasan dan sekitarnya serta 168 orang pelanggar di area Jalan Ronggowarsita dan taman kota.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Kebumen, dr Dwi Budi Satrio mengatakan, dari pendataan Dinkes, saat ini total kasus positif Covid-19 di Kebumen mencapai 1.650 orang. Dari jumlah tersebut, sebanyak 117 orang masih menjalani perawatan di rumah sakit, kemudian sebanyak 242 orang menjalani isolasi dan 58 orang meninggal dunia. Sedangkan untuk yang sudah dinyatakan sembuh ada 1.233 orang.

Kadinkes mengatakan, hari ini tidak ada kasus meninggal dunia, namun kemarin ada dua orang positif Covid-19 yang meninggal dunia. Yaitu SUT laki-laki usia 59 tahun dan yang satu laki-laki usia 60 tahun.

“Sebagian besar kasus positif Covid-19 yang meninggal dunia sudah berusia lanjut, sehingga saya tidak bosan untuk mengingatkan agar masyarakat lebih menjaga dan memperhatikan orang-orang tua di rumah, sebab mereka rentan tertular. Terlebih untuk yang mempunyai penyakit pemberat,” tuturnya.

Lihat juga...