Kebutuhan Meningkat, GP Ansor Jateng-DIY Salurkan Bantuan Ribuan Masker

YOGYAKARTA – Peningkatkan status Gunung Merapi dari waspada (level II) menjadi siaga (level III), tak bisa ditampik telah menambah potensi bencana di Yogyakarta. Selain terancam bahaya penularan Covid-19, ribuan warga juga terancam persoalan gangguan pernapasan akibat debu vulkanik yang dimungkinkan muncul saat erupsi terjadi. 

Ketua Pimpinan Pusat Gerakan Pemuda Ansor Korwil Jawa Tengah & Yogyakarta, Mujiburrahman –Foto: Jatmika H Kusmargana

Hal itulah yang membuat kebutuhan akan masker medis berkualitas sebagai pelindung diri di wilayah Yogyakarta meningkat drastis. Atas dasar itu, GP Ansor melalui Koordinator Wilayah (Korwil) Jateng-DIY bekerja sama dengan produsen es krim Aice Group menggelar kegiatan pendistribusian 250.000 masker medis SHIELD ke berbagai wilayah Yogyakarta.

Bertempat di Pondok Pesantren Ar Robithoh, Sleman, kegiatan yang menjadi bagian misi kemanusiaan pembagian 5 juta masker medis di seluruh Indonesia ini diluncurkan pada Kamis (19/11/2020) sore. Masker medis 3-ply bersertifikasi Kementerian Kesehatan merupakan masker khusus yang diproduksi oleh Aice Group untuk misi kemanusiaan melawan pandemi Covid-19 sejak beberapa bulan terakhir ini.

Ketua Pimpinan Pusat Gerakan Pemuda Ansor Korwil Jawa Tengah & Yogyakarta, Mujiburrahman, menjelaskan langkah bersama GP Ansor, Aice Group dan KSP ini merupakan bagian kolaborasi pentahelix seluruh stakeholders dalam mempercepat pengentasan pandemi virus ini di Indonesia. Saat ini, lembaganya akan memprioritaskan berbagai upaya maksimum untuk melakukan distribusi masker di banyak Posko Pengungsian.

Dirinya menilai, potensi terjadinya kerumunan akan makin membesar seiring dengan makin besarnya jumlah warga yang diungsikan ke berbagai Posko tersebut. Bahaya penularan virus Covid-19 serta gangguan pernapasan yang biasa terjadi menjelang dan saat erupsi menjadi alasan GP Ansor memperkuat barisan relawannya serta jumlah masker yang akan dibagikan. Bahkan, lembaganya akan segera menambah lagi jumlah distribusi masker SHIELD. Ditargetkan hingga 350.000 bisa GP Ansor alihkan ke momen bencana di DIY kali ini.

“Yogyakarta menjadi bagian kampanye 5 juta masker medis yang didistribusikan ke 20 kota Indonesia oleh GP Ansor dan Aice. Dobel bencana, Corona dan Merapi di Yogyakarta, menjadi fokus bagi kita untuk segera bantu. Kami ingin meringankan beban berat masyarakat. Insyaallah dengan kerja sama dan sokongan logistik masker medis yang cukup, misi ini akan mampu memperbaiki keadaan,” harap Mujib.

Sementara itu Juru Bicara Aice Group, Sylvana, mengatakan kampanye 5 Juta Masker Medis ini merupakan kelanjutan dari misi kemanusiaan yang dilaksanakan di awal pandemi pada April lalu.  Yogyakarta menjadi momen ke empat distribusi masker medis, mengingat kota ini tengah mengalami dua bencana sekaligus, yakni pandemi Covid-19 serta potensi erupsi Gunung Merapi.

Lihat juga...