Keseruan Wahana Permainan Play-Play di Semarang Zoo

Editor: Makmun Hidayat

SEMARANG — Sejak dibuka kembali, Semarang Zoo menjadi salah satu objek wisata favorit masyarakat Kota Semarang dan sekitarnya. Terlebih dengan adanya kolaborasi wahana permainan, sebagai pengembangan untuk menarik wisatawan.

“Selama tutup saat awal-awal pandemi Covid-19, Semarang Zoo melakukan sejumlah pembenahan dan menyiapkan beragam wahana baru, termasuk yang ada di Play-Play. Pengembangan kerja sama ini, diharapkan mampu meningkatkan kunjungan wisatawan, khususnya ke kebun binatang tersebut, ” papar Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Semarang, Indriyasari saat dihubungi di Semarang, Minggu (22/11/2020).

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Semarang, Indriyasari saat dihubungi di Semarang, Minggu (22/11/2020). -Foto Arixc Ardana

Serunya, meski tiket masuk masuk Semarang Zoo naik menjadi Rp20 ribu, dari semula Rp15 ribu, namun pengunjung dapat menggunakan tiket tersebut untuk mencoba satu permainan di Play-Play Semarang Zoo.

“Sejauh ini, ada peningkatan pengunjung ke Semarang Zoo, jadi masyarakat bisa melihat aneka dan permainan satwa, juga bisa bermain di berbagai wahana permainan yang ada,” tambahnya.

Sementara, Supervisor Operasional Play-Play, Ruliyanto memaparkan, dalam taman bermain berkonsep indoor tersebut, menghadirkan beragam permainan untuk anak hingga orang dewasa.

Mulai dari driving school, mini ferris wheel, bumper car, spiral jet, baby fun, mini bus, carrousel, energy claw, tagada, clip n climb dan beragam permainan lainnya.

“Jika pengunjung sudah menggunakan tiket masuk Semarang Zoo untuk mencoba permainan yang ada di Play-Play, dan ingin mencoba lainnya, bisa membeli tiket lagi seharga Rp 10 ribu, untuk sekali main,” terangnya.

Di satu sisi, di tengah pandemi Covid-19, pihaknya tetap menerapkan  protokol kesehatan bagi para pengunjung. Termasuk wajib memakai masker, cuci tangan sebelum masuk, dan pengecekan suhu tubuh.

Sedangkan di dalam area, pihaknya juga menerapkan aturan jaga jarak atau social distancing di tempat tunggu serta di wahana. Tidak hanya itu, setiap hari seluruh wahana permainan juga disemprot cairan disinfektan untuk mencegah penyebaran Covid-19.

“Harapannya, dengan penerapan protokol kesehatan ini, pengunjung atau wisatawan bisa nyaman dan tenang saat bermain,” tandasnya.

Keseruan bermain di Semarang Zoo, termasuk di Play-Play juga disampaikan salah seorang wisatawan, Siti Wulandari, yang datang bersama keluarga.

“Sekarang Semarang Zoo lebih lengkap, selain ada penataan satwa, juga ada aneka permainan. Ini tentu senang, terutama bagi anak-anak, bisa berwisata sembari bermain. Harapannya, karena saat ini masih pandemi, tentu dari segi keamanan dan kesehatan menjadi perhatian,” terangnya.

Sementara, salah satu anaknya, Hendrik, mengaku senang bisa bermain bumper car, atau dulu dikenal dengan permainan boom boom car. “Baru pertama kali ini main, seru sekali, tadi dua kali naik,” tandasnya.

Wahana bermain Play-Play beroperasi sesuai dengan jam operasional dari Semarang Zoo, setiap hari Senin-Jumat mulai pukul 08.00 WIB- 16.00 WIB, sementara pada hari Sabtu-Minggu atau hari libur nasional, mulai dari pukul 08.00 WIB- 17.00 WIB.

Lihat juga...