Klaster Perkantoran Kembali Muncul di Banyumas

Redaktur: Satmoko Budi Santoso

PURWOKERTO – Klaster perkantoran kembali muncul di Kabupaten Banyumas, setelah salah satu kepala dinas dinyatakan positif Covid-19. Seluruh kontak dekat serta pegawai di lingkungan dinas tersebut saat ini sedang menjalani swab test secara bertahap.

Bupati Banyumas, Achmad Husein, membernarkan adanya kepala dinas yang terkonfirmasi positif Covid-19. Menurutnya, saat ini yang bersangkutan sudah menjalani perawatan di rumah sakit.

“Sudah dilakukan tracing kepada keluarga dan kontak dekat serta yang bersangkutan juga sudah menjalani isolasi dan perawatan di rumah sakit,” katanya, Selasa (3/11/2020).

Lebih lanjut Husein menyampaikan, sehari sebelumnya, suami dari kepala dinas tersebut meninggal dunia dan dinyatakan positif Covid-19. Dari hasil swab test, lima orang kontak dekat dinyatakan positif Covid-19, termasuk kepala dinas tersebut.

Hanya saja Bupati enggan menjelaskan lebih lanjut siapa saja kontak dekat yang dinyatakan positif, apakah dari kalangan anggota keluarga semuanya atau dari lingkungan kerja di kantor.

“Yang pasti lima orang kontak dekat positif dan semua sudah menjalani perawatan di rumah sakit, tolong beritanya jangan vulgar, ini dinas besar, khawatir menimbulkan keresahan,” tuturnya.

Sementara itu, hal serupa juga disampaikan Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Banyumas, Sadiyanto. Ia mengatakan, seluruh pegawai di dinas terkait akan dilakukan swab test secara bertahap. Begitu pula dengan orang-orang yang melakukan kontak dekat, mengingat aktivitasnya sebagai kepala dinas, beberapa kali kerap rapat bersama dinas-dinas lainnya.

“Totalnya berapa yang  swab untuk pegawai, kita masih proses tracing, jadi bisa bertambah sewaktu-waktu, yang pasti seluruh kontak dekat akan dilakukan swab test,” tuturnya.

Dari informasi yang beredar, suami dari kepala dinas tersebut mendadak pingsan saat sedang beraktivitas di rumah. Peristiwa tersebut terjadi pada Minggu (1/11/2020) siang dan yang bersangkutan langsung dibawa ke rumah sakit.

Namun malam harinya sekitar pukul 21.00 WIB, suami kepala dinas tersebut meninggal dunia. Kemudian yang bersangkutan dimakamkan pada Senin (2/11/2020) dengan pemakaman protokol Covid-19.

Dengan adanya penambahan kasus positif Covid-19 dari klaster perkantoran tersebut, maka sampai dengan hari ini jumlah kasus positif yang meninggal dunia di Kabupaten Banyumas total ada 26 orang.

Sedangkan jumlah kasus positif total mencapai 823 orang, yang masih menjalani perawatan di rumah sakit ada 114 orang, isolasi mandiri 67 orang dan yang sudah dinyatakan sembuh ada 616 orang.

Lihat juga...