Koperasi Tamanmartani Sejahtera Dampingi Siswa dalam Budidayakan Ikan Lele

Redaktur: Muhsin Efri Yanto

YOGYAKARTA — Koperasi Tamanmartani Sejahtera yang merupakan koperasi binaan Yayasan Damandiri secara serius berupaya mendidik siswa-siswi kurang mampu di Desa Cerdas Mandiri Lestari Tamanmartani agar memiliki jiwa kewirausahaan.

Hal itu ditunjukkan dengan melakukan pendamping bagi para siswa dalam membudidayakan ikan lele dengan menerapkan sistem dalam ember. Pendampingan ini dilakukan sebagai tindak lanjut penyaluran bantuan beasiswa, dalam bentuk stimulan usaha, berupa paket budidaya ikan lele serta sayuran beberapa waktu lalu.

Manager Umum Koperasi Tamanmartani Sejahtera, Maimunah mengatakan, pihaknya melakukan pendampingan dengan cara langsung mendatangi sebanyak 22 anak yatim-piatu penerima bantuan di rumah masing-masing. Selain mengecek kondisi ikan, pengurus koperasi juga mengarahkan para siswa agar menjalankan tahapan budidaya sesuai yang diajarkan.

“Pendampingan ini kita lakukan agar budidaya yang dilakukan siswa tidak gagal. Mereka kita ingatkan agar tidak lupa dalam memberi makan ikan dan menguras kolam. Dengan begitu secara tidak langsung kan bisa melatih rasa tanggungjawab para siswa,” katanya.

Salah seorang siswa yatim penerima bantuan, Putri, warga dusun Keniten saat memberikan keterangan, Selasa (24/11/2020). Foto: Jatmika H Kusmargana

Salah seorang siswa yatim penerima bantuan, Putri, warga dusun Keniten, mengaku senang bisa memelihara ikan lele di rumahnya. Tinggal bersama budhenya, ia mengaku bisa memiliki kegiatan positif ketika lebih banyak berada di rumah akibat proses belajar mengajar di sekolah ditiadakan karena pandemi Covid-19.

“Tiap hari kasih pakan sendiri. Sehari dua kali. Kalau airnya kotor dikuras. Saya yang kuras sendiri. Senang, semoga bisa cepat besar,” kata siswa kelas 4 SD itu.

Sementara itu salah seorang orang tua siswa penerima bantuan, Suyatmi (41) warga Karangmojo, mengaku berterima kasih dengan adanya bantuan paket budidaya ikan lele serta sayuran dari Koperasi Tamanmartani Sejahtera. Ia menyebut adanya bantuan itu bisa melatih anaknya untuk belajar menjalankan usaha budidaya.

“Alhamdulillah tidak ada yang mati. Semua sehat. Walaupun hanya ditaruh di depan rumah, karena sudah tidak ada tempat lagi,” katanya.

Lihat juga...