Koperasi Tamanmartani Sejahtera Saluran Bantuan Bagi Janda Rawan Ekonomi

Redaktur: Muhsin Efri Yanto

YOGYAKARTA — Koperasi Tamanmartani Sejahtera yang merupakan koperasi binaan Yayasan Damandiri secara konsisten terus berupaya membantu warga Desa Cerdas Mandiri Lestari (DCML) Tamanmartani yang membutuhkan.

Setelah beberapa waktu lalu, membantu sejumlah siswa miskin yatim-piatu, serta para lansia kurang mampu, kali ini Koperasi Tamanmartani Sejahtera kembali memberikan bantuan kepada para janda produktif yang rawan mengalami kesulitan ekonomi.

Bekerjasama dengan Yayasan Peduli Muslim, Koperasi Tamanmartani Sejahtera, memberikan bantuan berupa uang santuan senilai Rp 200 ribu kepada sebanyak 14 janda kurang mampu di Desa Cerdas Mandiri Lestari Tamanmartani.

Manager Umum Koperasi Tamanmartani Sejahtera Maimunah, mengatakan penyaluran bantuan ini merupakan salah satu bentuk channeling Koperasi dengan pihak lain dalam upaya membantu perekonomian warga. Para janda dipilih sebagai penerima bantuan karena dinilai rawan mengalami kesulitan ekonomi.

“Jumlah janda di desa Tamanmartani cukup banyak. Mereka ini sangat rawan mengalami kesulitan ekonomi karena telah kehilangan suami sebagai sumber penopang pendapatan keluarga. Karena itu mereka kita bantu, walaupun tidak seberapa namun paling tidak bisa meringankan beban mereka. Apalagi di tengah situasi pandemi seperti sekarang ini,” katanya belum lama ini.

Sementara itu, Teguh Ruswantoro, Relawan Peduli Muslim, mengaku telah cukup lama bekerjasama dengan Koperasi Tamanmartani Sejahtera dalam menggelar kegiatan sosial semacam ini. Desa Tamanmartani dipilih karena banyak terdapat warga kurang mampu yang membutuhkan uluran bantuan.

“Kita rutin menggelar program bantuan bagi para janda ini setiap tahunnya. Ada beberapa lokasi yang kita bantu, salah satunya desa Tamanmartani ini. Karena memang kita telah cukup lama bermitra dengan Koperasi Tamanmartani Sejahtera. Data terkait penerima bantuan disini juga lengkap, sehingga bisa dipertanggungjawabkan,” katanya.

Lihat juga...