Koperasi Tamanmartani Sejahtera Salurkan Bansos Lansia

Editor: Koko Triarko

YOGYAKARTA – Koperasi Tamanmartani Sejahtera di Desa Cerdas Mandiri Lestari Tamanmartani, Kalasan, Sleman, kembali menyalurkan bantuan sembako dan uang santunan bagi puluhan lansia kurang mampu di wilayhanya.

Bantuan ini diberikan rutin setiap bulan sejak 2016, untuk membantu para lansia miskin yang kondisinya memprihatinkan. Baik itu mengalami sakit menahun, lumpuh, kebutaan, hingga hidup seorang diri tanpa seorang pun yang mendampingi, sehingga hanya mengandalkan uluran tangan dari orang lain.

Manajer Umum Koperasi Tamanmartani Sejahtera, Maimunah, menyebut saat ini terdapat 75 lansia yang menerima bantuan. Terdiri dari 25 orang menerima uang santunan senilai Rp200ribu per bulan, dan 50 orang menerima bantuan paket sembako berupa roti, minyak, telur, gula, dan sebagainya.

“Bantuan ini seluruhnya berasal dari Dinas Sosial DI Yogyakarta. Diberikan khusus bagi para lansia miskin. Dengan kriteria umur di atas 60 tahun. Selama ini, bantuan kita prioritaskan untuk mereka yang memang membutuhkan. Seperti mengalami sakit menahun, sehingga tidak bisa apa-apa, serta yang hidup seorang diri tanpa ada pendamping keluarga,” katanya.

Tersebar di sebanyak 22 padukuhan, mayoritas penerima bantuan dikatakan berasal dari kaum perempuan. Sayangnya, hingga saat ini diketahui belum semua lansia di Desa Cerdas Mandiri Lestari Tamanmartani Kalasan ter-cover bantuan. Hal itu karena banyaknya jumlah lansia di desa binaan Yayasan Damandiri ini.

“Hingga saat ini masih ada lansia di Desa Tamanmartani yang belum ter-cover batuan seperti ini. Kurang lebih sekitar 100 orang lansia. Karena berdasarkan data yang ada, total jumlah lansia di Tamanmartani ada 175 orang. Sementara yang sudah ter-cover bantuan baru 75 orang lansia,” katanya.

Ke depan, Maimunah mengaku akan berupaya meningkatkan jumlah bantuan hingga mampu meng-cover seluruh lansia yang ada. Yakni, dengan menggandeng mitra-mitra lain, baik itu lewat dana CSR perusahaan atau badan pemerintah, agar mau ikut terlibat membantu para lansia di Desa Tamanmartani.

“Mudah-mudahan dengan makin banyaknya pihak yang terlibat, semua lansia di Desa Tamanmartani bisa mendapatkan bantuan rutin setiap bulan,” harapnya.

Lihat juga...