KRN Miliki Energi Positif Satukan Remaja Nasional

Editor: Koko Triarko

JAKARTA – Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Purna Pasukan Utama Kirab Remaja Nasional (PPU KRN), yang seyogyanya digelar tahun ini, ditunda dan akan digelar setelah pandemi Covid-19 berlalu.

PPU KRN merupakan wadah alumni Pasukan Utama Kirab Remaja Nasional, yang dibentuk dan dibina oleh Siti Hardijanti Rukmana (Mbak Tutut Soeharto). Selama ini, Purna Pasukan Utama Kirab Remaja Nasional bergerak di bidang sosial dan kemanusiaan.

“Seperti biasanya, setiap tahun kami selalu menggelar Rakernas sekaligus ajang silaturahmi. Tapi tahun ini dipending dulu, melihat kondisi yang masih belum stabil akibat pandemi Covid-19,” ujar Karmila Aryanti, Wakil Sekretaris Umum PPU KRN, usai doa bersama peringatan 40 hari Kak Mul Irawan yang digelar online, Jumat (20/11/2020).

Kak Atik, PPU KRN dari wilayah NTT, saat silaturahmi online dan doa bersama mengenang 40 hari Kak Mul Irawan Sekretaris Umum, Jumat (20/11/2020). –Foto: M Amin

Dalam silaturahmi online tersebut, terlihat keakraban antara alumni akan kerinduan mereka, agar Kirab Remaja Nasional (KRN) bisa dibuat lagi oleh pemerintah. KRN sebagai ajang berkumpul remaja berprestasi dari hasil seleksi ketat.

Kak Mila mengatakan, PPU KRN memberi energi positif sebagai pemersatu di kalangan remaja nasional. Seperti kami, lanjutnya, sebagai alumni terus menjaga kebersamaan sebagai putra-putri terbaik pada zamannya.

“Banyak kegiatan sosial yang dilakukan selama pandemi, salah satunya bekerja sama dengan Yayasan Tiara, PPU KRN sudah menyalurkan bantuan APD di berbagai rumah sakit di wilayah Jabodetabek,” ujar Kak Mila.

Kak Atik, KRN NTT, menambahkan bahwa bakti sosial penyaluran bantuan alat pelindung diri (APD) bagi tenaga medis juga dilaksanakan di wilayah Nusa Tenggara Timur, tempatnya bertugas sekarang.

“Purna KRN NTT juga memberikan bantuan APD dari yayasan Tiara,” tukasnya.

Dikatakan, bahwa PPU KRN tidak saja wadah pemersatu alumni atau Purna Pasukan Utama Kirab Remaja Nasional. Tapi, memiliki tujuan menciptakan generasi yang bisa mempersatukan Indoensia.

PPU KRN mempunyai kekuatan yang ingin bersatu dengan ratusan Purna Pasukan Utama yang dulu pernah berjaya sebagai remaja berprestasi di masing-masing wilayah yang ada di seluruh Indonesia.

“Kami ingin mendorong pemerintah sekarang kembali menghidupkan Kirab Remaja Nasional. Ini program bagus yang harus diteruskan untuk menciptakan generasi baru Indonesia berprestasi. Mungkin bisa menyesuaikan dengan era sekarang,” tandasnya.

Menurutnya, terakhir Kirab Remaja Nasional pernah dilaksanakan pada 2017 di salah satu Kabupaten di Provinsi Nusa Tenggara Timur, sebagai tuan rumah di batas negara kabupaten Timor Tengah Utara dengan Timor Leste.

Lihat juga...