Kuliner Berbahan Buah Alpukat Disukai Warga Lampung Selatan

Editor: Mahadeva

LAMPUNG – Alpukat, adalah salah satu buah populer, yang kerap digunakan sebagai variasi pembuatan menu kuliner minuman. Tekstur lembut dari buah tersebut, membuatnya bisa dikonsumsi secara langsung setelah matang atau dijadikan varian olahan minuman.

Harni, salah satu pembuat minuman berbahan buah alpukat menyebut, alpukat atau Persea americana, menjadi buah paling diminati masyarakat dari berbagai kalangan usia. Alpukat bisa diperoleh Harni dengan mudah, tanpa mengenal musim. Komoditas tersebut bisa diperoleh dari sejumlah pemasok, termasuk petani penanam alpukat secara langsung.

Kandungan nutrisi yang disebut ahli gizi meliputi, vitamin C,vitamin K, vitamin E. Dan untuk jenis alpukat mentega, memiliki kadar lemak cukup baik untuk kesehatan. Varian olahan berbahan baku alpukat, yang kerap dibuat adalah jus, es buah dan salad. Namun, tekstur lembut buah menjadikan cukup banyak yang biasa mengkonsumsi tanpa diolah. Cukup diserut dengan sendok, dengan tambahan susu dan gula sudah bisa dinikmati.

Alpukat mentega, buah bertekstur lembut dan kaya vitamin yang disukai masyarakat – Foto Henk Widi

Di kedai Desintya, tempat Harni bekerja, alpukat kerap dibuat menjadi es buah, salad dan jus. “Minuman dari alpukat kerap disajikan bersama susu dan coklat menjadi jus, sementara untuk es buah dikombinasikan dengan kelapa muda, buah naga, apel, nangka dan buah segar lain. Namun alpukat jadi buah utama,” terang Harni kepada Cendana News, Sabtu (7/11/2020).

Konsumsi buah alpukat kekinian, biasanya dibuat menjadi jus dan dikemas dalam wadah khusus. Setelah dibuat, jus didinginkan di lemari es untuk menjaga kualitas buah. Namun, jus buah harus laku terjual dalam waktu tidak lebih dari enam jam setelah dibuat. Harni biasa membeli alpukat dalam kondisi setengah matang. Buah alpukat matang sempurna, memiliki warna kuning seperti mentega. Dalam kondisi setengah matang, alpukat sudah memiliki tekstur buah yang lembut dan biasa dibuat menjadi salad.

Elma, pembuat salad buah menyebut, alpukat jadi salah satu bahan favorit. Salad, kerap disukai anak-anak, karena memiliki komposisi berbagai jenis buah segar. Tambahan susu dan keju, semakin menambah cita rasa salad buah. “Alpukat yang dipotong dadu memiliki rasa gurih terutama jenis alpukat mentega, miki,” terang Elma.

Kandungan lemak tak jenuh di alpukat, memiliki manfaat untuk kesehatan kulit. Oleh karenanya, banyak wanita memesan salad buah, karena ingin mendapatkan manfaat secara langsung dari alpukat untuk kesehatan kulit. Buah alpukat, juga diolah menjadi puding.

Lihat juga...