Landmark Baru Kota Semarang Pikat Wisatawan Selfie

Redaktur: Muhsin Efri Yanto

SEMARANG — Keberadaan landmark baru yang ikonik di Kota Semarang, ternyata mampu menarik minat para wisatawan atau masyarakat sekitar, untuk berkunjung atau setidaknya berfoto selfie.

Hal tersebut tampak pada jembatan Sikatak, di kawasan kampus Undip Tembalang Semarang. Tidak hanya berfungsi sebagai jembatan penghubung, yang menghubungkan Jalan Prof Soedarto dan Jalan Lingkar kampus Undip Tembalang, yang sebelumnya terputus oleh Sungai Krengseng, jembatan tersebut juga menjadi tempat favorit untuk wisata warga sekitar.

Setiap hari libur, atau akhir pekan, jembatan yang konstruksinya mirip dengan Jembatan Kalikuto yang terdapat di ruas tol trans Jawa Pemalang – Batang tersebut, selalu ramai dikunjungi warga untuk berwisata.

“Kebetulan setiap Sabtu-Minggu, saya selalu olahraga bersepeda bersama teman-teman. Hari ini, rute kita mulai dari Banyumanik – Tembalang – Ngesrep, lalu balik lagi ke Banyumanik. Ada beberapa titik pemberhentian yang kita pilih, salah satunya di jembatan Sikatak ini,” papar Yoga, warga Banyumanik Semarang, saat ditemui di lokasi tersebut, Minggu (1/11/2020).

Di lokasi tersebut, sembari beristirahat, juga dimanfaatkan untuk berfoto selfie bersama teman-temannya. “Lokasi ini menjadi favorit untuk wisata selfie, sudah banyak teman saya yang lain, foto disini. Tapi ini saya baru bisa berkesempatan datang kesini,” lanjut siswa SMAN 4 Semarang tersebut.

Dipaparkan, arsitektur jembatan yang unik, menjadi daya tarik sebagai latar belakang untuk berfoto. Selain itu, arus lalu lintas di wilayah tersebut tidak terlalu ramai, sehingga relatif aman.

Tidak hanya untuk foto selfie, sejumlah warga atau wisatawan juga memanfaatkan ruang publik di sekitar jembatan Sikatak untuk berjalan-jalan bersama keluarga, bercengkrama bersama kolega atau pun kongkow.

Terpisah, Kasubag Humas Undip Utami Setyowati, menuturkan selama ini sebelum ada jembatan Sikatak, masyarakat dan civitas kampus harus memutar terlebih dahulu jika ingin menuju wilayah sekitar.

“Dengan pembangunan jembatan ini, masyarakat atau pengguna jalan menjadi lebih mudah, lalu lintas dari Jalan Lingkar Undip menuju Jalan Prof Soedarto tanpa harus memutar arah, ataupun memasuki Kampus Undip. Selain itu, kemudahan akses menuju arah Rumah Sakit Nasional Diponegoro (RSND) Undip, hingga wilayah sekitar seperti Blimbingsari, Permata Hijau, dan lainnya,” paparnya.

Dituturkan, jembatan tersebut baru diresmikan dan dibuka untuk umum, pada awal bulan Juli 2020 lau. Di satu sisi, dengan desain arsitektur yang unik dan instagramable, dirinya tidak menampik jika jembatan Sikatak juga menjadi daya tarik baru bagi masyarakat sekitar. Termasuk menjadikan jembatan tersebut, sebagai spot foto dan selfie.

“Dari segi arsitektur memang bagus, ini yang menjadi daya tarik utama jembatan Sikatak sebagai salah satu spot foto. Namun kami ingatkan untuk tetap berhati-hati, karena fungsi utamanya tetap sebagai jembatan dengan pergerakan arus lalu lintas yang ada,” tambahnya.

Tidak hanya jembatan Sikatak, keberadaaan bola dunia atau globe di kampus Unimus Semarang, juga menjadi daya tarik masyarakat sebagai lokasi wisata foto selfie. Bentuknya yang mirip ikon Universal Studio, menjadikannya sempat viral di media sosial.

Terlebih penempatan bola dunia di pintu masuk kampus, memudahkan siapa saja berfoto dengan latar belakang bola dunia tersebut.

“Ya mirip dengan bola dunia yang jadi ikon Universal Studio, kalau belum sempat wisata kesana, sementara bisa foto dulu di sini, juga sudah seru,” papar seorang warga, Anggri Windasari, yang tengah berfoto saat ditemui di lokasi.

Dirinya berharap, ada semakin banyak landmark ikonik di Kota Semarang, yang tidak hanya mempercantik kota atau memberikan manfaat bagi masyarakat, namun juga bisa menarik minat wisatawan.

“Selama ini kan, landmark Kota Semarang sudah banyak dikenal seperti Tugu Muda, Lawang Sewu, Masjid Agung Jawa Tengah, Gereja Blenduk dan lainnya, dengan adanya landmark baru ini, mudah-mudahan bisa semakin menarik minat wisatawan,” pungkasnya.

Lihat juga...