Lawar Rumput Laut di Flotim Kian Digemari

Editor: Makmun Hidayat

LARANTUKA — Rumput laut selain dipergunakan untuk membuat agar-agar,  masyarakat Kabupaten Flores Timur (Flotim) Nusa Tenggara Timur (NTT) pun mengolahnya menjadi lauk untuk dikonsumsi bersama nasi dan makanan lainnya.

Sejak dahulu masyarakat mengolah rumput laut atau kerap disebut karang muda oleh warga Flores Timur, menjadi lawar terlebih saat terjadi gelombang besar di laut yang menyebabkan banyak rumput laut terdampar di pesisir pantai.

“Kalau sekarang sudah ada yang menjualnya di pasar karena ada pembibitan rumput laut di beberapa wilayah di Flores Timur,” kata Angela Lusi salah seorang warga di Kota Larantuka, Flores Timur, kepada Cendana News, Sabtu (21/11/2020).

Angela menyebutkan, bila untuk dikonsumsi bersama keluarga maka dengan membeli rumput laut seharga Rp20 ribu sudah bisa untuk dimakan sepuasnya.

Ia menambahkan, untuk acara pesta bisa mengeluarkan dana Rp100 ribu hingga Rp200 ribu untuk mendapatkan satu baskom atau bakul berukuran besar yang bisa dikonsumsi ratusan orang.

“Biasanya lawar rumput laut juga dihidangkan di pesta-pesta dalam porsi yang tidak terlalu banyak. Lawar dikonsumsi sama seperti sambal dan banyak juga orang yang mengkonsumsinya bersama nasi atau makanan lokal seperti pisang dan singkong rebus,” ucapnya.

Maria Wiliborda, salah seorang warga Kota Maumere, biasa membuat lawar rumput laut, Sabtu (21/11/2020). -Foto: Ebed de Rosary

Untuk membuat lawar, salah seorang warga lainnya Maria Wiliborda mengatakan, bahan-bahan yang digunakan yakni rumput laut, jeruk nipis, cabe rawit, garam, sedikit kelapa parut penyedap masakan secukupnya.

Maria menjelaskan, pertama bersihkan dahulu rumput laut dengan air hangat hingga bersih lalu diiris kecil-kecil sesuai dengan ukuran yang dikehendaki dan masukan ke dalam wadah plastik yang disiapkan.

“Sebaiknya menggunakan wadah plastik dan jangan menggunakan wadah aluminium atau seng karena lawar memiliki rasa asam sehingga tidak terkontaminasi dengan wadah yang dipakai,” sarannya.

Selanjutnya, potong beberapa jeruk nipis lalu peras airnya ke dalam wadah berisi rumput laut serta iris cabe dan masukan juga ke dalamnya.

Sesudah itu sambungnya, parut sedikit kelapa lalu masukan ke dalam campuran rumput laut tersebut seraya menuangkan garam dan penyedap rasa secukupnya dan aduk hingga merata

“Diamkan sekitar 30 menit agar rumput lautnya matang lalu ambil dan siap dihidangkan. Biasanya ada yang menambahkan juga dengan irisan kulit jeruk nipis,” ungkapnya.

Lihat juga...