Lebak Selatan Diminta Waspadai Potensi Hujan Lebat

Relawan bersiaga di posko penanganan bencana BPBD Banten – Foto Ant

LEBAK – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Banten meminta, warga Lebak Selatan mewaspadai potensi curah hujan lebat, disertai angin kencang dan sambaran petir. Potensi cuaca buruk tersebut dapat terjadi setiap sore.

“Hampir setiap sore di daerah ini dilanda cuaca buruk,” kata Kepala Pelaksana BPBD Banten, Nana Suryana, di Posko Kedaruratan Mitigasi di Villa Hejo Kiara Payung, Panggarangan, Lebak, Kamis (19/11/2020).

Cuaca buruk itu ditandai curah hujan lebat, disertai angin kencang dan sambaran petir. Seperti yang terjadi Kamis (19/11/2020) di Kecamatan Malingping, Cihara, Panggarangan dan Bayah. Sejauh ini menurutnya, dari cuaca buruk tersebut belum ada laporan potensi bencana alam. BPBD Banten sudah menyampaikan surat peringatan kewaspadaan kepada aparatur kecamatan, desa, relawan dan masyarakat.

Peringatan kewaspadaan itu untuk mengurangi risiko kebencanaan, agar tidak menimbulkan korban jiwa. Hal itu dilakukan, karena wilayah Lebak Selatan rawan bencana banjir bandang, banjir, longsor, angin kencang, banjir rob air laut pasang dan gelombang tinggi. “Kami minta warga yang tinggal di daerah rawan bencana agar mengungsi ke tempat yang lebih aman jika hujan berlangsung di atas lima jam,” ujarnya menjelaskan.

Petugas kebencanaan, relawan, TNI, Polri dan RAPI, disebutnya saat ini siaga selama 24 jam, di Posko Kedaruratan Mitigasi. Mereka siap memberikan pelayanan kepada masyarakat, jika sewaktu-waktu terjadi bencana alam. (Ant)

Lihat juga...