Leverkusen dan Slavia Praha Menang di Putaran Keempat Liga Europa

JAKARTA  – Bayer Leverkusen dan Slavia Praha memetik kemenangan atas lawan-lawannya pada pertandingan putaran keempat Grup C Liga Europa yang dimainkan pada Kamis setempat atau Jumat dini hari WIB.

Klub Jerman Leverkusen kini berada di posisi kedua klasemen grup dengan koleksi sembilan poin. Posisi puncak diduduki oleh Slavia Praha, juga dengan sembilan poin, namun unggul head to head atas Leverkusen, demikian catatan laman resmi UEFA.

Menjamu tim Israel Hapoel Beer Sheva di BayArena, Leverkusen membuka keunggulan pada menit ke-29. Bola tendangan sudut disundul Tin Jedvaj terarah ke jalur pergerakan Patrik Schick, yang dengan dadanya meneruskan bola untuk masuk ke gawang lawan.

Leverkusen mendapatkan gol keduanya pada menit ke-48. Leon Bailey menguasai bola dengan sempurna untuk mengecoh pengawalnya, sebelum melepaskan sepakan kaki kiri mendatar ke sudut gawang Hapoel.

Hapoel memperkecil ketertinggalan mereka pada menit ke-58. Kali ini Jedvaj melakukan kesalahan saat ia mengoper bola ke jalur pergerakan Itamar Shviro, yang selanjutnya dengan mudah menaklukkan kiper Lukas Hradecky.

Namun Leverkusen segera merestorasi keunggulan dua gol mereka pada menit ke-76. Kerem Demirbay melepaskan tendangan bebas melewati pagar pemain dan mengenai bagian bawah mistar gawang sebelum masuk sepenuhnya ke dalam gawang tim tamu.

Alario menambahi gol pamungkas Leverkusen pada menit ke-80. Ia dengan mudah menyambar bola hasil tepisan kiper Ohad Levita, untuk dimasukkan ke gawang yang terbuka lebar.

Raihan tiga poin juga dipetik Slavia Praha pada putaran keempat, berkat kemenangan 3-1 di markas Nice.

Gol cantik yang dibukukan Ondrej Lingr pada menit ke-14 membuka keunggulan Slavia. Lingr bergerak maju dari tengah lapangan, bergerak memotong ke sisi kiri, dan melepaskan sepakan yang gagal dihalau kiper Walter Benitez untuk membobol gawang tuan rumah.

Nice kemudian menyamakan kedudukan pada menit ke-61. Youcef Attal menerima operan di sisi kanan kotak penalti, dan berusaha menaklukkan kiper Andrej Olar dari sudut sempit. Bola sepakannya mengenai tiang jauh, untuk kemudian disambar Amine Gouiri yang mengubah skor menjadi 1-1.

Kedudukan imbang tidak bertahan lama. Pada menit ke-64, Peter Olayinka mampu lolos dari pengawalnya pada situasi tendangan sudut untuk kemudian menanduk bola ke sisi kiri gawang Nice.

Keunggulan satu gol belum membuat Slavia puas. Mereka masih mengemas gol ketiga pada menit ke-75, ketika Tomas Holes bergerak di sisi kiri, dan mengirimkan umpan matang untuk ditanduk Abdallah Sima menjadi gol penutup.

Pada pertandingan-pertandingan putaran kelima yang akan berlangsung Kamis (4/12) mendatang, Leverkusen akan melawat ke markas Nice sedangkan Slavia Praha menjamu Hapoel. (Ant)

Lihat juga...