Lewandowski Jadi Salah Satu Nominator Ballon d’Or

JAKARTA – Penyerang Bayern Muenchen, Robert Lewandowski, dan pelatih Hansi Flick, masuk dalam daftar nominasi penerima The Best FIFA Football Awards, setelah keberhasilan mereka meraih tiga gelar pada musim lalu. Hal tersebut diumumkan FIFA secara resmi, Rabu (25/11/2020).

Lewandowski, pencetak gol terbanyak bagi Bayern di Liga Champions (15 gol) dan di Bundesliga (34 gol), sebelumnya menjadi favorit kuat untuk penerima penghargaan Ballon d’Or, sebelum pemberian penghargaan tersebut dibatalkan pada tahun ini. Pembatalan yang terjadi untuk pertama kalinya dalam 64 tahun, karena pandemi virus corona.

Namun, pemain asal Polandia tersebut masih bisa mengklaim sebagai pemain terbaik dunia, jika dia meraih penghargaan FIFA itu yang akan diberikan pada 17 Desember mendatang. Mantan rekan setim Lewandowski, dan kini bermain sebagai gelandang Liverpool, Thiago Alcantara, juga masuk nominasi. Mereka bersama dua pemain yang sudah rutin masuk nominasi yaitu Cristiano Ronaldo dari Juventus dan pemain Barcelona Lionel Messi.

Bergabung bersama mereka di dalam daftar nominasi itu adalah penyerang Paris Saint Germain Neymar dan Kylian Mbappe, serta tiga pemain Liverpool yang menjuarai Liga Premier, Mohamed Salah, Virgil van Dijk dan Sadio Mane. Gelandang Manchester City Kevin De Bruyne, yang merupakan pemain terbaik Liga Premier musim lalu, juga masuk ke dalam daftar nominasi. Demikian juga kapten Real Madrid, Sergio Ramos.

Sementara itu Flick, yang menjadi pelatih di Bayern pada November tahun lalu, masuk ke dalam daftar nominasi pelatih terbaik putra. Dia di dalam daftar bersama pelatih Liverpool Juergen Klopp, pelatih Leeds United Marcelo Bielsa, pelatih Real Madrid Zinedine Zidane, dan pelatih Sevilla yang menjuarai Liga Europa Julen Lopetegui.

Di antara nominasi pemain terbaik putri adalah, kapten tim juara Eropa dan Prancis Olympique Lyonnais, Wendie Renard dan mantan rekan setimnya Lucy Bronze, yang pindah ke Manchester City. Penyerang Belanda yang bermain di Arsenal, Vivianne Miedema, juga masuk nominasi bersama Sam Kerr yang menjuarai Liga Super Putri FA musim lalu bersama Chelsea.

Pelatih Lyon, Jean-Luc Vasseur, juga masuk nominasi untuk pelatih terbaik putri bersama pelatih Chelsea, Emma Hayes, dan runner-up tahun lalu Sarina Wiegman dari Belanda. Wiegman baru-baru ini ditunjuk sebagai pelatih baru tim putri Inggris menggantikan Phil Neville pada September 2021.

Para penggemar sepak bola juga diperbolehkan untuk memilih dalam pemungutan suara publik dalam website FIFA, yang dibuka hingga 9 Desember. Tiga finalis teratas dalam setiap kategori akan diumumkan pada 11 Desember mendatang. (Ant)

Daftar lengkap nominasi:

Pemain putra terbaik FIFA

Thiago Alcantara (Spanyol/Bayern Munich dan Liverpool), Cristiano Ronaldo (Portugal/Juventus), Kevin De Bruyne (Belgia/Manchester City), Robert Lewandowski (Polandia/Bayern Munich), Sadio Mane (Senegal/Liverpool), Kylian Mbappe (Prancis/Paris Saint-Germain), Lionel Messi (Argentina/Barcelona), Neymar (Brazil/Paris Saint-Germain), Sergio Ramos (Spanyol/Real Madrid), Mohamed Salah (Mesir/Liverpool), Virgil van Dijk (Belanda/Liverpool)

Pemain putri terbaik FIFA

Lucy Bronze (Inggris/Olympique Lyon dan Manchester City), Delphine Cascarino (Prancis/Olympique Lyon), Caroline Graham Hansen (Norwegia/Barcelona), Pernille Harder (Denmark/VfL Wolfsburg dan Chelsea), Jennifer Hermoso (Spanyol/Barcelona), Ji So-yun (Korea Selatan/Chelsea), Sam Kerr (Australia/Chelsea), Saki Kumagai (Jepang/Olympique Lyon), Dzsenifer Marozsan (Jerman/Olympique Lyon), Vivianne Miedema (Belanda/Arsenal), Wendie Renard (Prancis/Olympique Lyon)

Kiper putra terbaik FIFA

Alisson Becker (Brazil/Liverpool), Thibaut Courtois (Belgia/Real Madrid), Keylor Navas (Kosta Rika/Paris Saint-Germain), Manuel Neuer (Jerman/Bayern Munich), Jan Oblak (Slovenia/Atletico Madrid), Marc-Andre ter Stegen (Jerman/Barcelona)

Kiper putri terbaik FIFA

Ann-Katrin Berger (Jerman/Chelsea), Sarah Bouhaddi (Prancis/Olympique Lyon), Christiane Endler (Chile/Paris Saint-Germain), Hedvig Lindahl (Swedia/VfL Wolfsburg dan Atletico Madrid), Alyssa Naeher (Amerika Serikat/Chicago Red Stars), Ellie Roebuck (Inggris/Manchester City)

Pelatih tim putra terbaik FIFA

Marceloa Bielsa (Argentina/Leeds United), Hansi Flick (Jerman/Bayern Munich), Juergen Klopp (Jerman/Liverpool), Julen Lopetegui (Spanyol/Sevilla), Zinedine Zidane (Prancis/Real Madrid)

Pelatih tim putri terbaik FIFA

Lluis Cortes (Spanyol/Barcelona), Rita Guirano (Italia/Juventus), Emma Hayes (Inggris/Chelsea), Stephan Lerch (Jerman/VfL Wolfsburg), Hege Riise (Norwegia/LSK Kvinner), Jean-Luc Vasseur (Prancis/Olympique Lyon), Sarina Wiegman (Belanda/timnas putri Belanda)

Lihat juga...