Lurah Pengasinan Ajak Warga Jaga Kesehatan Melalui Kebersihan Lingkungan

Redaktur: Muhsin Efri Yanto

BEKASI — Lurah Pengasinan, Kecamatan Rawalumbu, Kota Bekasi, Jawa Barat, Juhasan, mengajak semua warganya berperan aktif dalam menjaga kesehatan melalui banjir dengan melakukan pembersihan saluran air dan lingkungan.

Hal tersebut karena saat ini wilayah setempat sudah memasuki musim hujan dan menjadi salah satu kawasan rawan banjir. Di samping itu agar bebas dari jentik nyamuk akibat endapan air yang berdampak pada demam berdarah.

Bersama puluhan warga dan kelurahan mereka melakukan pembersihan selokan, saluran air dan pembersihan sampah di lingkungan kelurahan setempat.

“Ada beberapa titik menyebabkan tersumbatnya aliran air. Saat ini musim hujan, khawatir endapan sampah terjadi dan menyebabkan banjir. Selain itu, tentu bahaya buat kesehatan,” tukasnya.

Kebersihan lingkungan melibatkan 8 delapan RW dengan memanggil lima orang setiap RW agar bisa mengajak warga di lingkungannya. Dia berharap setelah bersih bisa di jaga oleh warga.

Dalam giat Jumat bersih, tersebut juga ikut melakukan penebangan beberapa pohon yang mengganggu arus lalu lintas. Saat ini masih ada pohon palem yang memiliki ketinggian 30 meter.

Kegiatan tersebut akan berlanjut hingga besok Sabtu (7/11/2020). Karena menurutnya ada 30 persen warganya yang belum sadar terkait kebersihan lingkungan dan suka buang sampah sembarangan.

“Kami, sudah mengajukan ke dinas DBMSDA. Tapi belum ada tanggapan, padahal pohon diatas besar, tapi dibawah sudah keropos,” ujarnya mengaku keberadaan pohon sudah membahayakan.

Bersih-bersih dalam menjaga kesehatan lingkungan juga dilakukan di wilayah komplek Eraska Jatirades, Jatisampurna. Diinisiasi pemuda setempat, warga di lingkungan menurunkan alat berat melakukan normalisasi.

“Ini hanya bhakti sosial, selain menjaga kesehatan lingkungan juga upaya mencegah banjir di lingkungan RW 011 Jatiraden, dengan melakukan bersih bantaran kali salur air, potong rumput area pertamanan,” ucap Wawan.

Dikatakan Wawan wilayah Eraska, merupakan salah satu wilayah rawan banjir akibat luapan sungai ataupun saat hujan.

Pantauan Cendana News di lapangan saat ini berbagai lingkungan di Kota Bekasi, mulai menyadari bahaya banjir akibat banyakan saluran air yang mampet dan lainnya. Mereka terlihat secara bergotong royong membersihkan lingkungan.

Lihat juga...