Manisan Carica, Oleh-Oleh Khas Dieng yang Segar dan Kaya Vitamin

Editor: Mahadeva

Manisan carica, oleh-oleh khas dari dataran tinggi Dieng, Kabupaten Banjarnegara, Sabtu (28/11/2020). (FOTO : Hermiana E.Effendi)

BANJARNEGARA – Manisan carica, sangat identik dengan keberadaan dataran tinggi Dieng, Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah. Sebab, sentra produksi manisan carica hanya ada di daerah tersebut, mengingat pohon buah carica memang hanya tumbuh di dataran tinggi dengan suhu dingin.

Carica, merupakan buah yang masih satu jenis dengan pepaya. Namun, buah ini hanya tumbuh di daerah dingin. Dan rasa manis carica, sangat cocok dibuat manisan, dan kini menjadi oleh-oleh khas Dieng. Salah satu penjual manisan carica, Eva mengatakan, setiap wisatawan yang datang ke Dieng, kebanyakan akan membeli carica untuk buah tangan.

Eva, yang membuka kios di pintu masuk wisata Dieng mengatakan, pada konsisi normal, sebelum pandemi Covid-19, ia bisa menjual sampai ratusan bungkus carica setiap harinya. Bahkan penjualan akan meningkat drastis saat akhir pekan.

Satu bungkus manisan carica, yang berisi enam cup manisan carica dibandrol Rp20.000. Rata-rata wisatawan akan membeli 10 sampai 20 bungkus manisan carica untuk oleh-oleh. Warna manisan carica yang kuning mencolok, juga sudah mengundang selera makan tersendiri. “Dulu saat Dieng masih ramai pengujung, penjualan manisan carica sangat bagus. Tetapi sejak pandemi COVID-19, kunjungan wisatawan menurun, penjualan manisan carica juga menurun dratis,” tuturnya, Sabtu (28/11/2020).

Penjual manisan carica, Eva di Dieng, Sabtu (28/11/2020). (FOTO : Hermiana E.Effendi)

Saat ini, dalam satu hari, Eva bisa menjual 20 bungkus manisan carica. Saat ini penjualan menurun, produksi manisan carica juga berkurang cukup banyak.

Salah satu wisatawan, Anggun Widiarsih mengatakan, ia membeli 10 bungkus manisan carica untuk oleh-oleh. Menurutnya, yang khas dari Dieng adalah manisan carica, sehingga banyak kerabat yang meminta oleh-oleh manisan carica kepadanya. Carica itu segar, manis dan ada asam-asamnya sedikit, sehingga enak dan segar di mulut. Apalagi kalau dimakan dalam kondisi dingin. Biasanya saya kalau beli manisan carica dimasukan ke dalam lemari es terlebih dahulu, baru dimakan,” katanya.

Manisan carica juga tahan lama. Bahkan jika disimpan di dalam lemari pendinginm bisa bertahan hingga satu bulan, tanpa terpengaruh rasanya. Selain itu, manisan carica juga kaya akan kandungan vitamin, mulai dari vitamin A, vitamin B kompleks, vitamin C serta E. “Khasiat buah carica dari yang saya baca, bisa memperlancar pencernaan juga dan rasa asamnya kaya akan vitamin C yang sangat dibutuhkan tubuh kita di tengah pandemi Covid-19 ini,” kata Anggun.

Lihat juga...