Manisan Pepaya, Camilan Menyegarkan yang Menggoda Selera

Editor: Mahadeva

Olahan manisan pepaya menjadi pilihan cemilan keluarga, selain nikmat juga lebih menyegarkan dab cara membuatnya juga gampang – Foto M Amin

BEKASI – Aneka kuliner olahan, terus bermunculan di tengah masyarakat. Salah satunya olahan buah pepaya, berupa manisan yang bisa menjadi camilan menyegarkan yang menggugah selera.

Manisan buah pepaya, dibuat dengan memanfaatkan buah yang masih mengkal atau belum masak sepenuhnya. Hal itu dilakukan untuk mendapatkan rasa renyah, sehingga pas menjadi kudapan untuk semua usia dengan rasa manis dan kenyal.

“Saya buat sendiri, untuk cemilan di rumah. Pepayanya harus pilihan pepaya mengkal atau pepaya mentah yang lagi hijau, dan diiris dengan pisau khusus, untuk menghasilkan tampilan menarik,” ujar Bella, warga Jatiluhur, Kota Bekasi, kepada Cendana News, Sabtu (7/11/2020).

Bella menyukai olahan manisan buah, terutama pepaya. Tetapi sebenarnya, cukup banyak buah yang bisa dimanfaatkan menjadi manisan. Hanya saja, manisan pepaya cukup mudah mendapatkan bahan bakunya dan murah di harga.

Selain disenangi anak-anak, manisan buah pepaya juga menjadi camilan orang dewasa. Manisan pepaya, tahan lama asalkan disimpan di suhu dingin. “Manisan pepaya bisa dinikmati semua umur. Dia mirip seperti jelly, jadi tak heran anak suka memakannya. Untuk lebih menarik, warna bisa disesuaikan seperti hijau atau merah,” tukasnya.

Bella, menunjukkan olahan Kue pisang yang mirip dengan nagasari. Kue pisang di Bekasi biasa dibuat untuk kegiatan saat berkumpul, Sabtu (7/11/2020) – Foto M Amin

Bella mengaku di rumahnya selain mengkreasikan manisan pepaya, juga kerap membuat kue pisang campur yang mirip seperti nagasari. Bedanya nagasari, pisangnya tidak dihancurkan, sedangkan kue pisang dihancurkan bersama tepung lalu dikukus menggunakan daun pisang.  Hanya saja, kedua kuliner tersebut memiliki rasa yang mirip, karena bahan baku yang sama. “Namanya saja beda, tapi bahan bakunya sama saja sebenarnya. Hingga saat dinikmati rasanya mirip,” papar Bella.

Untuk membuat manisan pepaya, Bella menyebut, diawali dari proses pemilihan bahan baku. Setelah didapatkan buah yang sesuai, kemudian menyiapkan satu sendok makan lapis sirih, air bersih untuk merendam pepaya, dan gula serta pengatur keasaman.

Setelah pepaya di iris sesuai selera, kemudian direbus bersama semua bahan yang telah disiapkan hingga masak. Setelah masak diangkat dan didiamkan dan dikemas di dalam wadah untuk disimpan di lemari pendingin. Bisa juga ditambahkan pewarna makanan sesuai selera. Dan enak dicemil dalam kondisi dingin. “Cemilan manisan pepaya menyehatkan dan menyegarkan jika dicemil siang hari. Selainnya itu bisa mengenyangkan,” tandasnya.

Lihat juga...