Masa Pandemi, Omzet Pelukis Mural di Padang Pariaman Meningkat

PARIT MALINTANG — Omzet salah seorang pelukis mural atau lukisan dinding di Kabupaten Padang Pariaman, Sumatera Barat meningkat dari Rp3 juta menjadi Rp25 juta per bulan di masa pandemi COVID-19.

“Yang pesan membuat mural sekarang meningkat, mayoritas dari sekolah,” kata pelukis mural asal Kecamatan Sungai Geringging, Harmukhlis  di Sungai Geringging, Minggu (29/11/2020).

Ia mengatakan sebelum pandemi omzet yang didapatkan oleh seniman tersebut sekitar Rp3 juta sampai Rp5 juta perbulan namun sekarang bisa Rp15 juta sampai dengan Rp25 juta per bulan.

Ia mengatakan konsumen dari seniman tersebut tidak saja di Kecamatan Sungai Geringging, namun juga kecamatan lainnya di Padang Pariaman di antara IV Aur Malintang, Batang Gasan, dan VII Koto bahkan hingga Kota Pariaman.

Pesanan tersebut tidak saja dari pihak sekolah namun juga pemerintah desa dan pengelola objek wisata, bahkan warga yang ingin mempercantik interior rumahnya agar betah di rumah di masa pandemi COVID-19.

Untuk menyelesaikan mural pesanan dari konsumen ia membutuhkan waktu dua hingga empat hari kerja tergantung kesulitan motif dan luas media yang dilukis.

Dalam pengerjaanya pun ia melibatkan sejumlah pemuda yang belum memiliki pekerjaan di daerahnya yang tujuannya tidak saja untuk membantu ekonomi mereka namun juga berbagi ilmu.

Alumni Jurusan Seni Rupa Fakultas Bahasa dan Seni Univeristas Negeri Padang tersebut mengatakan karya mural yang dibuatnya disesuaikan dengan permintaan konsumen di antaranya lukisan dua dimensi, tiga dimensi hingga kaligrafi.

“Kalau sekolah biasanya bertema pendidikan, seperti siswa bersalaman dengan orang tuanya, anak belajar dan membaca, dan alam,” katanya.

Pemuda yang biasa disapa Aan tersebut menambahkan setiap mural yang dibuatnya rata-rata menjadi objek swafoto dan diunggah warga di media sosial.

Ia berharap pesan yang diungkapkan dalam mural yang dibuatnya tersebut sampai kepada mayarakat yang melihat terutama kepada siswa yang sekolahnya terdapat karyanya. (Ant)

Lihat juga...