Masa Pandemi Penggunaan BBM di Cilacap, Meningkat

Redaktur: Satmoko Budi Santoso

CILACAP – Penggunaan bahan bakar minyak (BBM) berkualitas di masyarakat mengalami peningkatan. Hal ini terpantau dari adanya peningkatan penyaluran BBM berkualitas di beberapa Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) di wilayah Cilacap.

Pejabat sementara (Pjs.) Unit Manager Communication, Relations, & CSR Pertamina Marketing Operating Regional (MOR) Jawa Bagian Tengah (JBT), Marthia Mulia Asri, mengatakan, peningkatan konsumsi bahan bakar berkualitas ini, manfaatnya tidak hanya untuk mesin kendaraan saja, tetapi juga untuk mengurangi pencemaran lingkungan, sehingga pihaknya terus mendorong untuk penggunaan bahan bakar berkualitas.

“Salah satu produk BBM berkualitas adalah pertamax turbo dan penjualannya meningkat hampir dua kali lipat, jika sebelumnya hanya terjual 6 KL per hari, sekarang pasokannya meningkat menjadi 11 KL per hari,” jelasnya, Senin (9/11/2020).

Untuk mendorong penggunaan BBM berkualitas, SPBU yang menyediakan juga ditambah. Jika sebelumnya hanya 27 SPBU yang mendapat pasokan pengiriman pertamax turbo, sekarang ditambah menjadi 46 SPBU. Dengan lebih banyaknya SPBU yang menyediakan BBM berkualitas, diharapkan penggunaannya juga meningkat.

“Ini merupakan nilai tambah baik bagi Pertamina maupun masyarakat, dimana pasokan BBM berkualitas meningkat karena emisi gas buangnya sangat rendah, sehingga lebih ramah lingkungan,” tuturnya.

Marthia menjelaskan, pertamax turbo adalah produk BBM gasolin dengan nilai Research Octane Number (RON) tertinggi yaitu 98 atau setara dengan BBM Euro IV. Dengan peningkatan penggunaannya hampir dua kali lipat, maka manfaatnya tidak hanya bagi kendaraan saja tapi untuk lingkungan yang lebih bersih dan sehat, karena emisi gas buangnya sangat rendah.

Sementara itu, Pjs Unit Manager Communication Relations & CSR MOR IV, Kevin Kurnia Gumilang, menambahkan, untuk saat ini pengambilan BBM dari Integrated Fuel Terminal Balongan kemudian disalurkan melalui Fuel Terminal (FT) Maos, Cilacap.

“Peningkatan pasokan BBM berkualitas ini, khususnya di wilayah penyaluran FT Maos merata, mulai dari Kabupaten Banyumas, Kabupaten Cilacap, Kabupaten Banjarnegara, Kabupaten Pemalang, Kabupaten Purbalingga, Kabupaten Tegal, Kabupaten Kebumen, dan Kabupaten Purworejo,” terangnya.

Untuk peningkatan pasokan ini, dengan memanfaatkan 3 tangki timbun yang total kapasitas 58 KL dan berada di lokasi operasi FT Maos. Dari tangki penyimpanan tersebut, ketahanan stok bertambah menjadi 5 hari dari yang semula tidak memiliki penyimpanan produk pertamax turbo di fasilitas operasi Fuel Terminal Maos.

Lihat juga...