Masih Pandemi, UCY Tetap Menggelar Wisuda Tatap Muka

Editor: Mahadeva

YOGYAKARTA – Universitas Cokroaminoto Yogyakarta (UCY), tercatat menjadi kampus pertama di Yogyakarta yang berani menggelar wisuda sarjana secara tatap muka langsung. Wisuda pada Sabtu (7/11/2020), diikuti oleh 240 sarjana di salah satu hotel di Yogyakarta.

Ketua Panitia Pelaksanaan Wisuda Sarjana ke-39 UCY, Rinaldi ST MBA menyebut, penyelenggaraan wisuda secara langsung atau tatap muka telah mendapatkan izin dan rekomendasi dari Pemkot Yogyakarta dalam hal ini Satgas Penanganan Covid-19.

Izin penyelenggaraan kegiatan massal diberikan, meski dengan prosedur penerapan protokol kesehatan secara ketat. Tak seperti penyelenggaraan wisuda pada umumnya, wisuda sarjana digelar secara berbeda yaitu lebih singkat, dan dengan penerapan protokol kesehatan secara ketat. Wisuda juga tidak menghadirkan para wali atau orang tua mahasiswa di lokasi acara.

Suasana wisuda sarjana ke 39 Universitas Cokroaminoto Yogyakarta yang digelar dengan menerapkan protokol kesehatan secara ketat di tengah masa pandemi Covid-19, Sabtu (7/11/2020) – Foto Jatmika H Kusmargana

Wisuda secara langsung menjadi momen sakral bagi para mahasiswa karena hanya digelar sekali seumur hidup. Meskipun tetap ada beberapa mahasiswa yang memutuskan memilih wisuda secara daring dan mengikuti prosesi wisuda di rumah masing-masing. “Jadi pada wisuda sarjana kali ini kita bagi dalam dua macam. Pertama wisuda secara langsung atau tatap muka. Serta wisuda secara daring. Setiap mahasiswa bebas memilih mengikuti yang mana,” ujar Rinaldi.

Pelaksanaan wisuda dilaksanakan di lokasi gedung yang memiliki kapasitas dua kali lipat dari jumlah peserta. Hal ini untuk memastikan penerapan social distancing. Setiap peserta wajib menjaga jarak minimal satu meter satu sama lain.

Selain itu, mereka juga wajib mengenakan face shild serta masker, selama acara berlangsung. “Tidak seperti biasanya, dalam wisuda kali ini keberadaan paduan suara kita tiadakan. Selain itu setelah menerima ijazah serta pengalungan toga, setiap peserta juga langsung diminta keluar ruangan. Hal ini agar tidak terjadi penumpukan ataupun kerumunan,” katanya.

Wisuda dipimpin langsung Ketua Senat dalam hal ini Rektor UCY, Dr Ciptasari Prabawanti SPSi MSi. Sebanyak 226 mahasiswa tercatat mengikuti wisuda secara tatap muka langsung. Sementara sebanyak 14 orang mengikuti wisuda secara daring di sesi kedua.

Dalam wisuda kali ini, sebanyak 10 mahasiswa tercatat sebagai wisudawan terbaik dan sebanyak 58 orang menyandang predikat cumlaude. “Untuk pelaksanaan wisuda secara daring, digelar di sesi kedua. Ada 14 orang yang mengikuti wisuda ini karena sejumlah pertimbangan, diantaranya karena yang bersangkutan berada di luar kota. Ataupun masih merasa khawatir jika harus bepergian jauh dan pertimbangan kesehatan lainnya,” katanya.

Salah seorang wisudawan, Viola, asal Yogyakarta mengaku bersukur bisa mengikuti proses wisuda secara langsung atau tatap muka, di masa pandemi seperti sekarang ini. Ia menilai, bagaimanapun kegiatan wisuda secara langsung memiliki kesan berbeda jika dibandingkan digelar secara daring.

“Tentu sangat bersukur karena bisa mengikuti wisuda secara langsung di tengah pandemi. Karena momen wisuda ini hanya sekali seumur hidup. Walaupun memang orang tua tidak bisa ikut hadir dan mengikuti acara secara langsung. Namun Alhamdulillah masih bisa merayakan bersama teman-teman,” pungkasnya.

Lihat juga...